Impementasi Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru PAI (Studi Lapangan Di SMPN 3 Kota Kediri)

Nufus, Shylvia Chayatun (2013) Impementasi Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru PAI (Studi Lapangan Di SMPN 3 Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115709-prabab.pdf

Download (95kB)
[img] Text
932115709-bab1.pdf

Download (96kB)
[img] Text
932115709-bab2.pdf

Download (252kB)
[img] Text
932115709-bab3.pdf

Download (77kB)
[img] Text
932115709-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
932115709-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
932115709-bab6.pdf

Download (29kB)

Abstract

Guru adalah mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran dan merupakan faktor utama yang mempengaruhi berhasil tidaknya sebuah proses pembelajaran. Untuk itu, guru haruslah memiliki profesionalisme tinggi dalam mengajar dan harus mempunyai kompetensi sebagai tenaga pengajar sesuai dengan undang-undang no 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Salah satu upaya peningkatan profesionalisme guru dapat dilakukan dengan menerapkan lesson study. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran lesson study dalam rangka meningkatkan kompetensi guru PAI;(2) untuk mengetahui dampak dari implementasi pembelajaran lesson study dalam rangka meningkatkan kompetensi guru PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru PAI SMPN 3 Kota Kediri dan kelompok kerja lesson study yang terdiri dari 6 observer. Peneliti bertindak sebagai observer partisipatif dan terlibat secara langsung dengan aktivitas lesson study yang terdiri dari 3 tahap yaitu plan, do, see. 3 tahapan ini berulang hingga 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1)implementasi lesson study berulang menjadi 2 siklus. Dalam kegaitan plan dilakukan kegiatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dalam kegaitan do terdapat 2 aktivitas utama yaitu: aktivitas pembelajaran (dilakukan guru model dan siswa) dan aktivitas observasi (dilakukan observer). Kegiatan see dilakukan dengan mereview proses open class yang terjadi di kelas dengan memperhatikan video rekaman dan foto serta catatan observer. Permasalahan yang muncul dalam lesson study adalah kurang siapnya guru secara psikologis untuk menerima kritik dan saran dari guru lain, hal ini sempat menghambat proses pelaksanaan lesson study, namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara merubah cara pandang guru terhadap konsep kritik pembelajaran, bahwa yang dikritik bukan gurunya melainkan proses pembelajarannya; 2) Penerapan lesson study mempunyai dampak yang positif dalam upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI yang diikuti dengan adanya peningkatan aktivitas belajar dan proses pembelajaran PAKEM.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:18
Last Modified: 20 Aug 2019 04:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item