Efektivitas Pembelajaran PMRI Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Di MTsN 1 Kota Kediri

Ayu, Evi Diana Supraning (2022) Efektivitas Pembelajaran PMRI Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Di MTsN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932310318_prabab.pdf

Download (966kB)
[img] Text
932310318_bab1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
932310318_bab2.pdf

Download (566kB)
[img] Text
932310318_bab3.pdf

Download (454kB)
[img] Text
932310318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
932310318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
932310318_bab6.pdf

Download (335kB)
[img] Text
932310318_daftar_pustaka.pdf

Download (94kB)
[img] Text
932310318_suratpernyataan.pdf

Download (80kB)

Abstract

Di era ini kemampuan berpikir kritis matematika siswa tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang masih satu arah. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. PMRI berbasis open ended adalah pembelajaran yang menekankan pada penggunaan masalah kontekstual dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran PMRI berbasis open ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa di MTsN 1 Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII G sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes (pretest dan posttest), RPP, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas PMRI berbasis open ended adalah 33,8 dan 75,79. Sedangkan rata-rata pretest dan posttest kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 33,97 dan 65,50. Kemudian, hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 dimana 0,000 < 0,05. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan pembelajaran PMRI berbasis open ended dengan pembelajaran konvensional. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat keefektivan model pembelajaran dilakukan uji n-gain dan diperoleh nilai skor rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,6379 dengan kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol 0,4800 dengan kategori sedang. Karena nilai rata-rata skor n-gain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol sehingga disimpulkan pembelajaran PMRI berbasis open ended lebih efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Evi Diana Supraning Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:58
Last Modified: 13 Sep 2022 02:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5848

Actions (login required)

View Item View Item