Strategi Peningkatan Kualitas Ibadah Shalat Santri Melalui Bimbingan Praktik Buku Ubudiyah Di Pesantren Al-Amien Kediri Tahun 2020/2021

Fikriyah, Aina Ainul (2021) Strategi Peningkatan Kualitas Ibadah Shalat Santri Melalui Bimbingan Praktik Buku Ubudiyah Di Pesantren Al-Amien Kediri Tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109417_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932109417_bab1.pdf

Download (513kB)
[img] Text
932109417_bab2.pdf

Download (294kB)
[img] Text
932109417_bab3.pdf

Download (294kB)
[img] Text
932109417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text
932109417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
932109417_bab6.pdf

Download (320kB)
[img] Text
932109417_daftarpustaka.pdf

Download (422kB)

Abstract

ABSTRAK Aina Ainul Fikriyah, dosen pembimbing Dr. H. Muniron. M.Ag. selaku dosen pembimbing I dan Bapak Masrul Isroni, N.W. selaku pembimbing II: STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS IBADAH SHALAT SANTRI MELALUI BIMBINGAN PRAKTIK BUKU UBUDIYAH DI PESANTREN AL-AMIEN KEDIRI TAHUN 2020/2021. Kata Kunci: Strategi Peningkatan Kualitas, Ibadah Shalat, Rukun Qauli, Rukun Fi’li, Bimbingan Praktik Buku Ubudiyah Ibadah shalat mempunyai kedudukan yang penting dalam agama Islam dan shalat adalah tolok ukur amal. Kualitas ibadah shalat seseorang juga harus diperhatikan. Berawal dari pengamatan ketika pelaksanaan shalat berjamaah, pembimbing asrama Pesantren alAmien Kediri melihat ada santri yang melaksanakan shalat dengan kurang sempurna, sehingga harus ada sebuah strategi baru sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Strategi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah strategi bimbingan praktik buku ubudiyah untuk meningkatkan kualitas ibadah shalat santri. Oleh karenanya fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan strategi peningkatan kualitas ibadah shalat rukun qauli santri melalui bimbingan praktik buku ubudiyah di Pesantren al-Amien Kediri? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi peningkatan kualitas ibadah shalat rukun fi’li santri melalui bimbingan praktik buku ubudiyah di Pesantren al-Amien Kediri? 3) Bagaimana implementasi strategi bimbingan praktik buku ubudiyah untuk meningkatkan kualitas ibadah shalat rukun qauli dan rukun fi’li santri di Pesantren al-Amien Kediri? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hal ini bertujuan agar peneliti dapat mengamati secara langsung permasalahan atau kejadian yang terjadi dilapangan sehingga peneliti mendapatkan data yang valid. Sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa. 1) Pelaksanaan strategi peningkatan kualitas ibadah shalat rukun qauli santri melalui bimbingan praktik ubudiyah di Pesantren al-Amien Kediri adalah santri hafalan materi ubudiyah kepada pembimbing masing-masing, kemudian pembenahan bacaan yang keliru, dan review materi hafalan. 2) Pelaksanaan strategi peningkatan kualitas ibadah shalat rukun fi’li santri melalui bimbingan praktik ubudiyah di Pesantren al-Amien Kediri adalah dengan metode ceramah dimana pembimbing menjelaskan materi dalam buku ubudiyah, kemudian penerapan metode tanya jawab, setelah itu praktik satu persatu, dan yang terakhir review materi dari awal sampai akhir terkait rangkain rukun fi’li dalam shalat. 3) Implementasi strategi bimbingan praktik buku ubudiyah dalam meningkatkan kualitas ibadah shalat rukun qauli dan rukun fi’li santri di Pesantren al-Amien Kediri adalah dengan melatih santri untuk praktik menjadi imam shalat berjamaah. Dari jumlah keseluruhan, ada 26 santri yang sudah bisa praktik menjadi imam shalat. Selain itu, pembimbing juga terus memantau peningkatan kualitas ibadah shalat santri melalui keseharian mereka ketika melaksanakan shalat berjamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aina Ainul Fikriyah
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:59
Last Modified: 21 Sep 2022 01:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5668

Actions (login required)

View Item View Item