Studi Komparasi Motivasi Mengajar Guru Tersertifikasi Dengan Belum Tersertifikasi Di SMP Sekecamatan Tarokan

M. Dalhar, M. Dalhar (2014) Studi Komparasi Motivasi Mengajar Guru Tersertifikasi Dengan Belum Tersertifikasi Di SMP Sekecamatan Tarokan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106706_prabab.pdf

Download (933kB)
[img] Text
932106706_bab1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
932106706_bab2.pdf

Download (544kB)
[img] Text
932106706_bab3.pdf

Download (433kB)
[img] Text
932106706_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
932106706_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
932106706_bab6.pdf

Download (292kB)
[img] Text
932106706_daftarpustaka.pdf

Download (285kB)

Abstract

ABSTRAK SKRIPSI M. DALHAR, Dosen Pembimbing Dr. MU’AWANAH, M.Pd dan WAHIDUL ANAM, M.Ag : Studi Komparasi Motivasi Mengajar Guru Tersertifikasi Dengan Belum Tersertifikasi di SMP Sekecamatan Tarokan, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014. Kata Kunci : Sertifikasi, Motivasi Mengajar. Sertifikasi guru merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu guru sehingga pembelajaran di sekolah juga akan berkualitas. Hal ini dengan asumsi, peningkatan mutu guru akan dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan guru sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimanakah motivasi mengajar guru yang sudah tersertifikasi di SMP Sekecamatan Tarokan?, (2) Bagaimanakah motivasi mengajar guru yang belum tersertifikasi di SMP Sekecamatan Tarokan?, dan (3) Apakah ada perbedaan antara motivasi mengajar guru yang tersertifikasi dengan belum tersertifikasi di SMP Sekecamatan Tarokan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui motivasi mengajar guru yang tersertifikasi, mengetahui motivasi mengajar guru yang belum tersertifikasi, dan mengatahui perbedaan motivasi mengajar guru sudah tersertifikasi dengan guru belum tersertifikasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang di dalamnya menekankan data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistik. Peneliti mengambil seluruh populasi guru SMP yang mengajar di Kecamatan Tarokan Kediri yang terdiri dari 63 guru yang telah tersertifikasi dan 49 guru yang belum tersertifikasi. Untuk memudahkan penelitian ini peneliti menggunakan pedoman angket/ kuisioner yang mana alternatif jawaban setiap butir/ item pernyataan dibuat dengan 4 jawaban pilihan, sesuai dengan metode Likert. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan komputer SPSS 11.5 for Windows. Dimana uji validitas menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha dari Cronbach dengan analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan T-test of Independent (uji t). Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan di lapanagan ditemukan kesimpulan bahwa motivasi mengajar guru yang tersertifikasi menunjukkan peningkatan yang baik. Sedangkan guru yang belum tersertifikasi juga demikian walaupun guru tersebut belum mendapatkan sertifikat pendidik. Kemudian peneliti menganalisis data yang telah terkumpul dan ditemukan kenyataan bahwa tidak ditemukan perbedaan motivasi mengajar guru tersertifikasi dengan guru belum tersertifikasi. Hal ini terlihatdari pengujian hipotesis yang peneliti lakukan dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 11.5 for Wndows yang kemudian mendapatkan hasil nilai thitung sebesar 0,903 yang tentunya lebih kecil dari ttabel dengan nilai 1,98, sehingga hipotesis yang peneliti ajukan yang berbunyi “tidak ada perbedaan antara motivasi mengajar guru tersertifikasi dengan guru belum tersertifikasi di SMP Sekecamatan Tarokan” ini dapat diterima dan berlaku untuk populasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:00
Last Modified: 15 Aug 2022 04:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5636

Actions (login required)

View Item View Item