Pengaruh Strategi Whole Brain Teaching Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Matapelajaran PAI (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Ngadiluwih Kediri Tahun Ajaran 2014/2015)

Badriyah, Lailatul (2015) Pengaruh Strategi Whole Brain Teaching Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Matapelajaran PAI (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Ngadiluwih Kediri Tahun Ajaran 2014/2015). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115611_prabab.pdf

Download (399kB)
[img] Text
932115611_BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
932115611_bab2.pdf

Download (403kB)
[img] Text
932115611_bab3.pdf

Download (306kB)
[img] Text
932115611_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
932115611_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
932115611_bab6.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932115611_daftarpustaka.pdf

Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK LAILATUL BADRIYAH, Dosen Pembimbing I Drs. Iskandar Tsani, M. Ag, dan Dosen Pembimbing II Dr. Mu’awanah, M. Pd: PENGARUH STRATEGI WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATAPELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI EKSPERIMEN PADA KELAS X SMAN 1 NGADILUWIH KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015), Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam, STAIN Kediri 2015. Kata kunci: Pengaruh, Whole Brain Teaching, Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi Whole Brain Teaching (WBT) dengan yang menggunakan metode ceramah pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam karena dirasa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi ceramah terasa membosankan dan kurang menarik, agar pembelajaran menjadi lebih menarik maka diujikan menggunakan strategi baru yang diharapkan akan lebih bervariasi dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (pretest-posttest group control design). populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMAN 1 Ngadiluwih Kediri, sampelnya adalah peserta didik di kelas X1 dan X2. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji Anakova, yang sebelumnya sudah dilakukan uji prasyarat yakni uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Nilai Pretest yang didapatkan dari kelas eksperimen yakni nilai tertinggi 88 dan terendah 58, dengan nilai rata-rata 74,33. Sedangkan kelas control, nilai tertinggi 88 dan nilai terendah 60, dengan nilai rata-rata yakni 74,22. Nilai posttest yak didapat yakni untuk kelas eksperimen, nilai tertinggi yakni 96 dan terendah 80, dengan nilai rata-rata 88,67. Dan untuk kelas control nilai tertinggi yakni 90 dan terendah 78, dengan nilai rata-rata yakni 83,63. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara prestasi peserta didik yang menggunakan strategi whole brain teaching dengan yang menggunakan strategi atau metode ceramah. yakni dibuktikan dengan nilai sig = 0,000, yakni kurang dari 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:38
Last Modified: 15 Aug 2022 03:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5633

Actions (login required)

View Item View Item