Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Menanamkan Kecerdasan Sosial Pada Siswa Melalui Program Jumat Rohani Di SMPN 1 Grogol Kediri

Mohamad, Ilham Kurniawan (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Menanamkan Kecerdasan Sosial Pada Siswa Melalui Program Jumat Rohani Di SMPN 1 Grogol Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114618_prabab.pdf

Download (546kB)
[img] Text
932114618_bab1.pdf

Download (539kB)
[img] Text
932114618_bab2.pdf

Download (532kB)
[img] Text
932114618_bab3.pdf

Download (445kB)
[img] Text
932114618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
932114618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text
932114618_bab6.pdf

Download (295kB)
[img] Text
932114618_daftarpustaka.pdf

Download (307kB)
[img] Text
932114618_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (168kB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana yang sangat efektif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan Islam berperan dalam membentuk kepribadian manusia dalam berhubungan, bersikap, bertindak, dan berpikir. Pendidikan berawal dirumah, lalu dilanjutkan disekolah atau tempat pendidikan lainnya. Pembelajaran yang berkualitas ialah pembelajaran yang tidak hanya diukur pada kapasitas dalam meningkatkan nilai rapor atau peningkatan pada kecerdasan intelektual saja melainkan peningkatan pada kecerdasan sosial siswa. Di SMPN 1 Grogol Kediri, bahwa membentuk dan mengembangkan kecerdasan anak terutama dalam bidang keagamaan adalah hal yang sangat penting terutama dilingkungan sekolah, dengan mengadakan kegiatan di bidang keagamaan seperti Jum’at rohani, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan baik sekolah ataupun masyarakat serta untuk saling mengenal satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program dan hasil upaya kecerdasan sosial apa yang ditanamkan guru PAI pada siswa melalui program Jum’at Rohani di SMPN 1 Grogol Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data nya ialah, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian upaya guru PAI untuk menanamkan kecerdasan sosial pada siswa melalui program Jum’at Rohani di SMPN 1 Grogol Kediri menunjukan bahwa, upaya menanamkan kecerdasan sosial siswa melalui program Jum’at rohani diantaranya: mengaji Q.S. Yassin, membersihkan area lingkungan sekolah dan tempat sampah, infaq sedekah, donasi kepada korban bencana alam dll. Kecerdasan sosial pada sekolah ini membaik dengan sikap empati serta kesadaran diri siswa dalam mengendalikan dan menyelesaikan masalah. Adapun beberapa hambatannya adalah perbedaan karakteristik pada individu siswa meliputi, intelegensi, watak dan latar belakang siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilham Kurniawan Mohamad
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:34
Last Modified: 10 Aug 2022 06:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5559

Actions (login required)

View Item View Item