Pola Asuh Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri)

Ardiansyah, Aqil Kiki (2015) Pola Asuh Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121611_PRA BAB.pdf

Download (499kB)
[img] Text
932121611_BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
932121611_BAB II.pdf

Download (469kB)
[img] Text
932121611_BAB III.pdf

Download (267kB)
[img] Text
932121611_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
932121611_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
932121611_BAB VI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
932121611_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
932121611_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)

Abstract

Kedisiplinan hakikatnya adalah sekumpulan tingkah laku individu maupun masyarakat yang mencerminkan rasa ketaatan, kepatuhan, yang didukung oleh kesadaran untuk menunaikan tugas dan kewajiban dalam rangka pencapaian tujuan. Tujuan pendidikan disiplin adalah agar setiap individu memiliki disiplin jangka panjang. Disiplin jangka panjang itu dalam artian disiplin yang tidak hanya didasarkan pada kepatuhan terhadap aturan atau otoritas, tetapi lebih kepada pengembangan kemampuan untuk mendisiplinkan diri sendiri sebagai salah satu ciri kedewasaan individu. Masing-masing orang tua memiliki perlakuan yang berbeda-beda dalam mengasuh dan membimbing, begitu juga dengan lembaga pondok pesantren. Disinilah peran dan tanggung jawab orang tua atau pengasuh sangat dibutuhkan dalam memberikan pendidikan disiplin dalam diri anak atau santri. Apabila aturan-aturan telah tertanam, santri akan berusaha menghindari perbuatan-perbuatan yang terlarang dan cenderung melakukan perbuatan yang di anjurkan. Dari konteks penelitian tersebut, yang menjadi fokus penelitian adalah : 1)Bagaimana Pola Asuh Kyai Dalam Mendidik Santri di Pondok Pesantren Mambaul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri? 2)Bagaimana Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Mambaul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri? 3)Bagaimana Pola Asuh Kyai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Mambaul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif, yaitu suatu penelitian yang berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks, melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri sebagai instrumen kunci. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi, tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap akhir penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Pola asuh yang diterapkan di Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri yaitu : Pola Asuh Authoritative (Demokratis). (2) Kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri yaitu : Santri menjadi penurut, taat pada aturan, tepat waktu, tertib dan berkurangnya pelanggaran yang dilakukan santri. (3) Pola Asuh Kyai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri yaitu dengan teladan atau contoh, pembiasaan, penyadaran, dan pengawasan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:56
Last Modified: 09 Aug 2022 01:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5502

Actions (login required)

View Item View Item