Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Di MI Hidayatul Ulum Ringinrejo Kediri

Mufid, Muhammad (2022) Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Di MI Hidayatul Ulum Ringinrejo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932138118_prabab.pdf

Download (416kB)
[img] Text
932138118_bab1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
932138118_bab2.pdf

Download (256kB)
[img] Text
932138118_bab3.pdf

Download (144kB)
[img] Text
932138118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
932138118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
932138118_bab6.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932138118_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

MUHAMMAD MUFID, Dosen Pembimbing Dr. H. Ilham Thohari, SH., M.HI dan M. Alim Khoiri, S. HI, M.Sy.: Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di MI Hidayatul Ulum Ringinrejo Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Pembentukan Karakter Religius, Pembiasaan, dan Shalat Dhuha. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik rata-rata belum mengenal shalat-shalat sunnah salah satunya shalat dhuha, peserta didik di usia dini masih hanya mengenal shalat lima waktu, itupun mereka laksanakan dengan candaan atau masih bergurau dengan teman di sekitarnya. Maka dari itu perlu penanaman karakter religius melalui shalat dhuha agar peserta didik tidak hanya melaksakan shalat lima waktu, tetapi juga mengenal dan melaksanakan dengan seius shalat- shalat sunnah seperti shalat dhuha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang akan gunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Rumusan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya pembiasaan shalat dhuha dalam pembentukan karakter religius siswa di MI Hidayatul Ulum Ringinrejo Kediri? 2) Apa saja faktor penunjang dan penghambat dalam pembentukan karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat dhuha di MI Hidayatul Ulum Ringinrejo Kediri? 3) Bagaimana karakter religius siswa setelah dilaksanakannya shalat dhuha di MI Hidayatul Ulum Ringinrejo Kediri?. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Upaya guru dalam membiasakan shalat dhuha yaitu semua guru ikut mendampingi siswa ke masjid, sudah sebagai kegiatan rutin dipagi hari. 2) Dalam pembentukan karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat dhuha terdapat faktor penunjang seperti, guru selalu ikut mengontrol kegiatan, guru mengadakan bimbingan mengenai kegiatan shalat dhuha di waktu tertentu, Tersedianya tempat ibadah yang luas. Faktor penghambat seperti, anak kelas I shalatnya masih ikut-ikutan, beberapa anak yang sering terlambat, dan beberapa anak yang tidak membawa juz amma. 3) Karakter religius siswa setelah dilaksanakannya shalat dhuha yaitu selalu melaksanakan shalat dhuha di pagi hari, selalu mendo’akan kedua orang tua, membaca surat-surat pendek atau juz amma, dan menghafal surat-surat pendek atau juz amma.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Mufid
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:19
Last Modified: 08 Aug 2022 06:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5473

Actions (login required)

View Item View Item