Model Interaksi Guru Madrasah Ibtida’iyah Dalam Pembelajaran Daring

Octaviana, Amelia Anis (2022) Model Interaksi Guru Madrasah Ibtida’iyah Dalam Pembelajaran Daring. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932613018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932613018_bab1.pdf

Download (441kB)
[img] Text
932613018_bab2.pdf

Download (469kB)
[img] Text
932613018_bab3.pdf

Download (420kB)
[img] Text
932613018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
932613018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
932613018_bab6.pdf

Download (295kB)
[img] Text
932613018_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932613018_suratpernyataan.pdf

Download (413kB)

Abstract

ABSTRAK AMELIA ANIS OCTAVIANA, 2022. Model Interaksi Guru Madrasah Ibtida’iyah Dalam Pembelajaran Daring, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Jurusan Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Muhammad Ilman Nafi’an, M.Pd. dan (2) Sheila Fakhria, M.H Kata Kunci: Model Interaksi, Guru, Pembelajaran Daring Virus Corona-19 yang berasal dari Cina telah menyebar dengan cepat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Menteri Pendidikan telah memutuskan untuk memberlakukan sosial distancing sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19 dengan pemberlakuan Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan). MIN 3 Kediri merupakan salah 1 sekolah yang melaksanakan pembelajaran secara daring.Pelaksanaan pembelajaran daring dapat menimbulkan banyak dampak salah satunya yaitu dampak kurang interaksi yang di berikan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model interaksi yang di gunakan guru sd dalam pembelajaran daring danjuga untuk mengetahui proses pembelajaran daring di MIN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti mengunakan trianggulasi dan kecukupan referensial. Data primer dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah MIN 3 Kediri dan Seluruh Guru Kelas di MIN 3 Kediri. Data sekunder berasal dari dokumen-dokumen berupa catatan-catatan dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan: Model interaksi guru SD dalam pembelajaran daring yang sering di gunakan di MIN 3 Kediri adalah model interaksi IRE (Initation-Response-Evaluation) yang artinya selama berinteraksi dengan siswa guru akan memberikan beberapa pertanyaan terkait materi yang disampaikan, kemudian siswa harus menjawab pertanyaan yang sudah diberikan oleh guru. dan yang terakhir adalah guru memberikan evaluasi dengan bentuk memberi tanggapan dan jawaban pada siswa. Selanjutnya proses pembelajaran daring di MIN 3 Kediri yaitu menggunakan bebebrapa tahap. Tahap pertama yaitu persiapan yang artinya guru harus mempersiapkan materi, media, dan sumber belajar yang akan di gunakan Ketika pembelajaran dating. Tahap yang kedua yaitu guru melaksanakan pembelajaran dengan melalui 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Tahap ketiga yaitu penilaian, bentuk penilaian yang digunakan oleh guru di MIN 3 Kediri yaitu nilai penugasan, absensi kehadiran selama proses pembelajaran daring dan juga nilai ujian semester, atau biasa kita sebut UTS dan UAS.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amelia Anis Octaviana
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:18
Last Modified: 04 Aug 2022 03:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5423

Actions (login required)

View Item View Item