Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI-IPS-1 di SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri

Malik, Abdul (2016) Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI-IPS-1 di SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER SKRIPSI THINK PAIR_HALAMAN DEPAN skripsi think pair.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB 1 THINK PAIR.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II THINK PAIR.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB III THINK PAIR (1).pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV THINK PAIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB V THINK PAIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI THINK PAIR .pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA THINK PAIR .pdf

Download (64kB)
[img] Text
1. Daftar Nilai Pra Siklus_LAMPIRAN OBSERVASI Guru.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode think Pair Share merupakan salah satu jenis pembelajaran Kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Tujuan meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa kelas XI-IPS-1 di SMA Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri, adapun permasalahan yang dapat penulis fokuskan adalah: 1) Bagaimana penerapan metode think pair share dalam meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Plosoklaten kelas XI IPS 1 Semester II tahun pelajaran 2015-2016 pada materi Iman kepada kitab Allah ? 2) Bagaimana tingkat aktifitas belajar siswa SMA Negeri 1 Plosoklaten kelas XI IPS 1 Semester II tahun pelajaran 2015-2016 pada materi Iman kepada kitab Allah dengan diterapkan metode think pair share ? 3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Plosoklaten kelas XI IPS 1 Semester II tahun pelajaran 2015-2016 pada materi Iman kepada kitab Allah dengan diterapkan metode think pair share ? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif analisis, di mana penelitian dilakukan dengan peneliti langsung terlibat dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Dengan mengambil sampel kelas XI-IPS-1 dengan jumlah 24 siswa, kelas tersebut dijadikan objek karena kondusif dibanding kelas yang lain agar memudahkan penelitian. Hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode think pair share, bahwa1) Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di SMA Negeri 1 Plosoklaten kelas XI IPS 1 terdiri dari lima langkah, dengan tiga langkah utama sebagai ciri khas yaitu think, pair, dan share. Siswa mengerjakan soal secara individu (tahap thinking). Tahap ketiga, siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya; dan berdiskusi dengan pasangannya mengenai jawaban tugas yang telah dikerjakan (tahap pairing). beberapa kelompok dipilih oleh guru untuk menjelaskan penyelesaian masalah hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi dan mengeluarkan idenya (tahap sharing) 2) Pada ranah kognitif nilai rata-rata siswa pada saat tes pra tindakan 60,83 dengan persentase ketuntasan sebesar 12,5% dikategorikan kurang baik. nilai rata-rata pos test siklus I adalah 72,5 ketuntasan 37,5% dikategorikan cukup baik. Sedangkan nilai rata-rata pada saat pos test siklus II adalah 86,66 dengan persentase ketuntasan 100% dikategorikan sangat baik. 3) Prestasi belajar siswa meningkat setelah dilakukan tes, hasil Pra Penelitian siswa yang telah tuntas belajar hanya 11 %, sedangkan Siklus I, siswa yang telah tuntas belajar sebesar 33 %, kemudian dilakukan uji kembali, hasilnya Siklus II, Siswa yang telah tuntas belajar ada 24 siswa (100 %).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:35
Last Modified: 02 Aug 2019 02:35
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item