Smart Apps Creator: Multimedia Matematika Interaktif Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan HOTS Siswa Akselerasi

Qur'ani, Fauziyah Nafisatul (2022) Smart Apps Creator: Multimedia Matematika Interaktif Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan HOTS Siswa Akselerasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932303518_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932303518_bab1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
932303518_bab2.pdf

Download (395kB)
[img] Text
932303518_bab3.pdf

Download (204kB)
[img] Text
932303518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
932303518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
932303518_daftarpustaka.pdf

Download (173kB)
[img] Text
932303518_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
[img] Text
932303518_suratpernyataan.pdf

Download (351kB)

Abstract

Diketahui siswa MTsN 5 Nganjuk mengalami kesulitan pada materi kesebangunan dan kekongruenan serta ditemukan hasil belajar dan kemampuan HOTS siswa kelas VIII-J yang merupakan kelas akselerasi masih tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan siswa hanya menggunakan media pembelajaran berupa modul dan video pembelajaran yang tidak interaktif sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang aktif ketika proses pembelajaran dilaksanakan dan mengakibatkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS. Dengan demikian penelitian dan pengembangan berupa multimedia matematika interaktif berbasis saintifik untuk meningkatkan HOTS siswa akselerasi pada materi kesebangunan dan kekongruenan dengan bantuan Smart Apps Creator ini dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan uji-T. Subjek coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas akselerasi di MTsN 5 Nganjuk yang belum mendapatkan materi kesebangunan dan kekongruenan. Hasil validasi ahli materi diperoleh interpretasi “Layak”, ahli media diperoleh interpretasi “Sangat Layak”, ahli soal HOTS diperoleh interpretasi “Layak”. Hasil respons guru, respons siswa uji terbatas dan uji kelompok diperoleh interpretasi “Sangat Layak” dan terjadi peningkatan HOTS siswa setelah menggunakan multimedia matematika interaktif yang dikembangkan. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka multimedia matematika interaktif yang dikembangkan bisa dijadikan sebagai media pembelajaran bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Fauziyah Nafisatul Qur'ani
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:12
Last Modified: 04 Aug 2022 03:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5364

Actions (login required)

View Item View Item