Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pai Di SMAN 7 Kediri

Putri, Nensy Andriyani (2022) Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pai Di SMAN 7 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100417_prabab.pdf

Download (867kB)
[img] Text
932100417_bab1.pdf

Download (484kB)
[img] Text
932100417_bab2.pdf

Download (571kB)
[img] Text
932100417_bab3.pdf

Download (735kB)
[img] Text
932100417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
932100417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
932100417_bab6.pdf

Download (125kB)
[img] Text
932100417_daftarpustaka.pdf

Download (130kB)
[img] Text
932102417_suratpernyataan.pdf

Download (412kB)

Abstract

ABSTRAK NENSY ANDRIYANI PUTRI, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan burhani, M.Psi dan Nila Zaimatus Septiana, M.Pd,: Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMAN 7 Kota Kediri Tahun Ajaran 2021/2022. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri 2022. Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Prestasi belajar adalah suatu hasil dari kemampuan siswa sebagai suatu pencapaian setelah menerima pengalaman belajarnya yang dipetakan dalam bentuk nilai. Dari data dilapangan didapatkan bahwa siswa kelas XI di SMAN 7 Kediri memiliki prestasi yang sedang. Peneliti berasumsi bahwa hal tersebut berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu kebiasaan belajar, motivasi belajar, dan keaktifan belajar. Kebiasaan belajar merupakan cara bertindak yang diperoleh melalui belajar secara berulang-ulang, yang pada akhirnya menjadi menetap dan bersifat otomatis. Sedangkan motivasi belajar adalah sebuah dorongan baik berasal dari dalam diri maupun dari luar diri untuk melakukan sebuah dorongan baik berasal dari dalam diri maupun dari luar diri untuk melakukan sebuah aktivitas dalam kegiatan belajar guna mencapai tujuan yang ingin dicapainya yaitu prestasi yang tinggi.Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) Adanya pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 7 Kota Kediri, 2) Adanya pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 7 Kota Kediri, dan 3) Adanya pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 7 Kota Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan Subjek penelitian siswa kelas XI SMAN 7 Kediri. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa SMAN 7 Kediri dengan menggunakan sampling jenuh, penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% sehingga jumlah yang ada didapatkan 60 siswa, instrumen yang digunakan dalam peelitian ini yaitu angket Kebiasaan Belajar disusun berdasarkan teori Brown and Holtzman, Motivasi Belajar disusun berdasarkan teori Marx and Tombuch. Sedangkan data prestasi belajar PAI menggunakan hasil nilai semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar secara tidak signifikan dengan nilai koefisien korelasi (R)=0,193 dan koefisien determinasi R2= 0,037 maka berpengaruh sebesar 3,7% dan sisanya 96,3% dipengaruhi faktor lain. 2) Ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar tidak signifikan dengan nilai koefisien korelasi (R)=0,103 dan koefisien determinasi R2 =0,0011 maka berpengaruh sebesar 1,1% dan sisanya 98,9% dipengaruhi faktor lain, dan 3) Ada pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar tidak signifikan dengan nilai koefisien korelasi (R)=0,219 dan koefisien determinasi R2 =0,048 maka berpengaruh sebesar 4,8% dan sisanya 95,2% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nensy Andriyani Putri
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:40
Last Modified: 26 Jul 2022 04:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5229

Actions (login required)

View Item View Item