Peran Wali Kelas Dalam Pengelolaan Konflik Antar Siswa Di SMA Negeri 1 Plosoklaten

Mofiningsih, Selfi Dian (2022) Peran Wali Kelas Dalam Pengelolaan Konflik Antar Siswa Di SMA Negeri 1 Plosoklaten. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932406918_prabab.pdf

Download (568kB)
[img] Text
932406918_bab1.pdf

Download (493kB)
[img] Text
932406918_bab2.pdf

Download (470kB)
[img] Text
932406918_bab3.pdf

Download (458kB)
[img] Text
932406918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
932406918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
932406918_bab6.pdf

Download (156kB)
[img] Text
932406918_daftarpustaka.pdf

Download (369kB)
[img] Text
932406918_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932406918_suratpernyataan.pdf

Download (352kB)

Abstract

Siswa adalah individu yang unik yang memiliki karakter yang berbeda dengan individu lainnya. Oleh karena itu, peran wali kelas sangat dibutuhkan untuk mengelola konflik antar siswa dengan baik. Karena, masih terjadinya konflik pada siswa seperti adanya siswa pendiam, siswa bosan dalam kelas, siswa bolos dari sekolah, siswa tidak percaya diri, tidak bisa bergaul, motivasi belajar siswa kurang, menganggu teman yang sedang belajar, membuat keributan sehingga memancing emosi siswa yang lain, dan berkelahi sesama siswa lain. Tujuan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui peran wali kelas, untuk mengetahui jenis-jenis konflik dan faktor terjadinya konflik, dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan wali kelas untuk menyelesaikan konflik antar siswa di SMA Negeri 1 Plosoklaten. Jenis penelitian yang digunakan ialah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru BK(bimbingan konseling), wali kelas, dan dua siswa. Penelitian lapangan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pertama, peran wali kelas adalah mendidik, menasehati, dan membimbing siswa dan bisa mengelola kelas dengan baik. Kedua, jenis konflik tersebut adalah konflik dari dalam individu dan konflik antar individu. Konflik dari dalam individu yang ditemukan berupa kurangnya motivasi belajar siswa yang mana hal ini dapat memepengaruhi proses belajar siswa. Sementara konflik antar individu yang ditemukan berupa perbedaan pendapat, perbedaan sosial budaya dan ekonomi, serta munculnya kelompok-kelompok atau genk yang terkesan mengasingkan siswa yang lain. Ketiga, solusi penyelesaian konflik yaitu (1) kolaboratif, wali kelas berupaya menemukan pokok permasalahannya dan mengambil tindakan penyelesaian masalah sesuai dengan pokok permasalahan yang ada; (2) kompromi, wali kelas melakukan tawar menawar dengan siswa berkonflik untuk mendapatkan kesepakatan penyelesaian konflik. (3) Peghalusan (Smoothing), wali kelas melakukan tindakkan mendamaikan siswa yang berkonflik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Selfi Dian Mofiningsih
Date Deposited: 29 Jul 2022 06:51
Last Modified: 29 Jul 2022 06:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5225

Actions (login required)

View Item View Item