Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di SMK Al-Huda Kota Kediri

Khoirudin, Muhamad (2022) Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di SMK Al-Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932133418_PRABAB.pdf

Download (679kB)
[img] Text
932133418_BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
932133418_BAB II.pdf

Download (556kB)
[img] Text
932133418_BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
932133418_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
932133418_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
932133418_BAB VI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932133418_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
932133418_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (192kB)

Abstract

Guru adalah seseorang yang memiliki ilmu dan mengajarkan ilmu tersebut pada orang lain. Mengabdikan dirinya untuk mendidik, mengarahkan dan mebimbing peserta didiknya, sebagai sosok yang digugu dan ditiru, peran guru sangat dibutuhkan dalam membentuk karakter religius siwa. Dimana kebiasaan baik yang telah tertanam dan dibiasakan dalam diri siswa, akan berpengaruh terhadap interaksi dan proses pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya 3 guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa di SMK Al-Huda Kota Kediri dan apa saja kendala serta solusi yang dilakukan oleh 3 guru PAI tersebut dalam membentuk karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sumber data dari seluruh guru PAI yang mengajar di SMK Al-Huda Kota Kediri serta beberapa siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) upaya guru dalam membentuk karakter religius siswa menggunakan pendekatan berupa guru sebagai pendidik, pembimbing, inspirator, dan motivator. 2) Sementara kendala yang dihadapi antara lain pengaruh dari teman yang memiliki kebiasaan buruk atau lingkungan yang kurang baik dan juga dikarenakan kondisi yang terbilang masih pasca pandemi yang menggunakan pembelajaran secara daring, oleh karenanya siswa yang terbiasa bermalas-malasan harus mulai beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang ada. 3) Untuk mengatasi kendala tersebut solusi yang dilakukan guru dalam upaya pembentukan karakter religius siswa diantaranya adalah guru memberikan perhatian lebih kepada siswa yang perperilaku kurang baik, menasehatinya, melakukan pembiasaan baik dalam diri siswa tersebut, membentikan contoh keteladanan yang baik dan juga memberikan hukuman yang pantas pada siswa yang tidak menghormati guru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Khoirudin
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:21
Last Modified: 25 Jul 2022 06:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item