Analisa Praktek Ojek Online Ditinjau dari Transaksi Ekonomi Islam(Studi kasus di GO-JEK Surabaya)

Hadyana, Iva Nur Elysa (2016) Analisa Praktek Ojek Online Ditinjau dari Transaksi Ekonomi Islam(Studi kasus di GO-JEK Surabaya). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
sampul1_DAFTAR-GAMBAR 10.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB-II.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB-III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB-IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text
BAB-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB-VI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR-RIWAYAT-HIDUP_surat izin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

GO-JEK merupakan sebuah perusahaan yang menjadi pelopor dalam perkembangan dunia transportasi berbasis online yang menjamur di berbagai kota besar di Indonesia salah satunya di Surabaya. Perusahaan ini merangkul para tukang ojek menjai mitra kerjanya. Hal ini merupakan trobosan yang bagus yang dapat menguntungkan banyak pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transaksi antara konsumendengan driver ojek online di GO-JEK Surabaya, bagaimana kerja sama antara driver dan pihak manajemen di perusahaan GO-JEK dan bagaimana praktek ojek online di GO-JEK surabaya di tinjau dari transaksi Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, metode ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran yang baik, jelas, dan dapat memberikan data seteliti mungkin tentang obyek yang diteliti yakni praktek ojek online menurut Transaksi Ekonomi Islam studi kasus di GO-JEK Surabaya. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah field research, yaitu suatu pengujian secara rinci terhadap satu latar atau satu orang subjek atau satu tempat penyimpanan dokumen atau satu peristiwa tertentu. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa praktek ojek online di GOJEK Surabaya ada dua transaksi yang terjadi, yakni yang pertama adalah anatra konsumen dengan driver jika ditinjau dari transaksi ekonomi Islam transaksi yang pertama yakni antara konsumen dengandriver dikenal dengan istilah ijarah, pada prakteknya pada transaksi ini telah berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada, tapi ada pengembangan kecil yang dilakukan namun tidak ada masalah dengan hal itu. Transaksi yang kedua adalah kerjasama antara driver dengan manajemen pada prakteknya belum memenuhi syarat, rukun dalam syirkah akan tetapi jijka ditinjau dari prinsip dasar kerjasama dalam islam praktek ini tidak melanggar ketentuan dari prinsip dasar yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1507 Transportation and Freight Services > 150703 Road Transportation and Freight Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:23
Last Modified: 22 Jul 2019 03:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item