Pembinaan Karakter Anak Melalui Implementasi Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren Di Panti Asuhan Al Jauhar Plosoklaten Kediri

Azyzah, Laily Nur (2021) Pembinaan Karakter Anak Melalui Implementasi Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren Di Panti Asuhan Al Jauhar Plosoklaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932134717_prabab.pdf

Download (943kB)
[img] Text
932134717_bab1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932134717_bab2.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932134717_bab3.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932134717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text
932134717_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
932134717_bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932134717_daftarpustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
932134717_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK LAILY NUR AZYZAH, Dosen Pembimbing Dr. IWAN MARWAN, M.Hum dan NILA ZAIMATUS SEPTIANA, M.Pd, Pembinaan Karakter Anak Melalui Implementasi Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren di Panti Asuhan Al Jauhar Plosoklaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Pembinaan Karakter, Nilai Karakter, Panti Asuhan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi pembinaan karakter anak melalui implementasi pendidikan berbasis pondok pesantren, (2) nilai-nilai karakter yang dibina pada anak (3) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembinaan karakter pada anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dimana peneliti menggali secara mendalam pada objek penelitian untuk mendapatkan data yang lengkap. Subjek pada penelitian ini yakni pengasuh panti asuhan, pengurus panti asuhan, dan anak yang diasuh di panti asuhan Al Jauhar Plosoklaten Kediri. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembinaan karakter oleh pengasuh terhadap anak asuh di Panti Asuhan Al Jauhar. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknin analisis naratif dengan langkah-langkah reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data terhadap beberapa sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan dalam pembinaan karakter anak melalui implementasi pendidikan berbasis pondok pesantren adalah strategi pembiasaan dan peneladanan, (2) Karakter yang dibina pada anak di Panti Asuhan Al Jauhar yakni karakter disiplin, karakter mandiri, dan karakter tanggungjawab, (3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembinaan karakter antara lain lokasi panti asuhan yang kondusif, pengasuh yang kompeten, masyarakat yang mendukung, dan adanya peraturan yang ketat, sedangkan faktor penghambat antara lain fasilitas yang belum memadai, dan latar belakang anak asuh yang berbeda-beda sehingga menyebabkan kemajemukan karakter pada setiap anak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:54
Last Modified: 13 Jul 2022 01:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4968

Actions (login required)

View Item View Item