Strategi Guru Fikih Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Fikih Di MTs Negeri 1 Trenggalek

Anwar, Zainuddin (2022) Strategi Guru Fikih Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Fikih Di MTs Negeri 1 Trenggalek. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932125618_prabab.pdf

Download (584kB)
[img] Text
932125618_bab1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
932125618_bab2.pdf

Download (674kB)
[img] Text
932125618_bab3.pdf

Download (335kB)
[img] Text
932125618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
932125618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
932125618_bab6.pdf

Download (297kB)
[img] Text
932125618_daftarpustaka.pdf

Download (308kB)
[img] Text
932125618_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932125618_suratpernyataan.pdf

Download (199kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fikih dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Fikih di MTs Negeri 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Zainuddin Anwar, NIM. 932125618, pembimbing 1 Ibu Dr. Noer Hidayah, M. Si., NIP. 197601092005012002, pembimbing 2 Ibu Dr. Septiana Purwaningrum, M. Pd. I., NIDN. 2023098702. Kata Kunci: Strategi Guru Fikih, Kompetensi Siswa, Pembelajaran Daring Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hal baru pada dunia pendidikan yakni diterapkannya proses pembelajaran daring sehingga guru Fikih diharuskan untuk menyusun strategi baru untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang telah ditentukan ataupun untuk menanamkan kompetensi siswa ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Adapun fokus dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana strategi guru Fikih dalam meningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 01 Trenggalek? 2) Apa saja faktor pendukung strategi guru Fikih dalam meningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 01 Trenggalek? 3) Apa saja faktor penghambat strategi guru Fikih dalam meningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 01 Trenggalek? Metode dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah dengan reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data dengan menggunakan teori para ahli dalam menganalisis data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui peningkatan ketekunan dan triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini: 1) Strategi guru Fikih dalam meningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 01 Trenggalek adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran mandiri. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: pemberian ringkasan materi kepada siswa; pemberian motivasi-motivasi keagamaan kepada siswa; pemberian tugas untuk menjelaskan isi kandungan ayat-ayat Al Qur’an; bekerja sama dengan berbagai pihak baik orang tua dan pihak sekolah; serta pelaksanaan ujian praktek secara bergilir; 2) Faktor pendukung dalam penerapan strategi ini adalah sebagai berikut: kesadaran diri dari masing-masing siswa; peran orang tua; serta izin dari pihak sekolah; dan 3) Faktor penghambat dalam penerapan strategi ini sebagai berikut: rasa malas siswa; orang tua siswa yang kurang perhatian terhadap anaknya; keadaan sosial ekonomi keluarga siswa; kekuatan jaringan yang berbeda pada masing-masing daerah tempat tinggal siswa; serta kebijakan dari pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zainudin Anwar
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:26
Last Modified: 06 Jul 2022 04:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4882

Actions (login required)

View Item View Item