Peran Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Daring Peserta Didik Smp Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Sumbercangkring Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri)

Zuliyati, Reeka (2021) Peran Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Daring Peserta Didik Smp Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Sumbercangkring Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131117_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932131117_bab1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
932131117_bab2.pdf

Download (461kB)
[img] Text
932131117_bab3.pdf

Download (359kB)
[img] Text
932131117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
932131117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
932131117_bab6.pdf

Download (145kB)
[img] Text
932131117_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Zuliyati, Reeka,. Dosen Pembimbing Dr. Ilham Thohari M.HI, dan M. Alim Khoiri, S.H.I, M.Sy, Peran Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Daring Peserta Didik SMP Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Sumbercangkring Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri). Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Peran, Orang Tua, Pandemi Covid-19, Tingkat Pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran peserta didik SMP dan bagaimana peran orang tua dalam proses pembelajaran daring di desa Sumbercangkring, serta untuk mengetahui apakah tingkat pendidikan orang tua memberi dampak pada hasil pendampingan mereka selama proses pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitaif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua peserta didik SMP yang berada di desa Sumbercangkring. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran daring peserta didik SMP di desa Sumbercangkring menggunakan Learning Management System (LSM) yakni Google Classroom. Aplikasi pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu Whatsapp, Google Meet, Google Form. (2) Peran orang tua dalam proses pembelajaran daring di desa Sumbercangkring yaitu mendampingi proses pembelajaran, memberikan sarana dan prasarana, memberikan motivasi, orang tua sebagai manager. (3) Tingkat pendidikan orang tua menjadi sangat penting bagi anak-anak, orang tua yang berpendidikan tinggi lebih mudah melaksanakan perannya sebagai orang tua terutama mendampingi anak selama proses pembelajaran daring. Bagi orang tua yang berpendidikan rendah mereka kesulitan dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring, pendidikan anak bukan menjadi prioritas mereka. Hal tersebut dapat dinilai dari hasil belajar anak yang selalu didampingi oleh orang tua, mereka mendapatkan nilai yang bagus serta selalu mengikuti pembelajaran secara aktif. Bagi anak yang kurang mendapat pendampingan orang tua hasil belajar mereka kurang baik serta kurang aktif selama pembelajaran. Namun sebagian orang tua yang memiliki tingkat pendidikan rendah sangat memperhatikan pendidikan anak sehingga mereka berusaha semaksimal mungkin untuk mendampingi dan melaksanakan perannya sebagai orang tua dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:27
Last Modified: 04 Jul 2022 02:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4859

Actions (login required)

View Item View Item