Peran Guru Dalam Membentuk Religiusitas Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri

Firdaus, Ahmad (2021) Peran Guru Dalam Membentuk Religiusitas Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123617_prabab.pdf

Download (351kB)
[img] Text
932123617_bab1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932123617_bab2.pdf

Download (270kB)
[img] Text
932123617_bab3.pdf

Download (173kB)
[img] Text
932123617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
932123617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
932123617_bab6.pdf

Download (148kB)
[img] Text
932123617_daftarpustaka.pdf

Download (151kB)
[img] Text
932123617_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)

Abstract

ABSTRAK AHMAD FIRDAUS, 2021, Peran Guru Dalam Membentuk Religiusitas Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Dosen Pembimbing (1) Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag. dan Dosen Pembimbing (2) Dr. Septiana Parwaningrum, M.Pd.I Kata kunci: Peran Guru, Religiusitas Guru merupakan sosok yang memiliki peran ganda yaitu sebagi pengajar dan pendidik. Ini berarti bahwa guru tidak hanya mentranfer ilmu pengetahuan saja melainkan menjadi pendidik sekaligus menjadi suri tauladan bagi anak didiknya. Sebab yang baik adalah yang dianggap baik oleh agama dan yang buruk adalah yang dianggap buruk oleh agama. Artinya, nilai-nilai religius dan keutamaan akhlak dalam masyarakat merupakan aturan yang diajarkan oleh agama. Salah satu dimensi manusia yang sangat penting dalam pendidikan Islam adalah religius. Pendidikan agama berkaitan erat dengan pendidikan religius dan ahlak. Tidak berlebihan bila dikatakan bahwa pendidikan akhlak dalam pengertian Islam bagian yang tidak dapat dipisahkan dari agama. Fokus dari penelitian ini adalah, Bagaimana guru dalam membentuk religiusitas peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Kediri Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan adalah triangulasi dan perpanjang keikut sertaan pengamatan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Guru dalam membentuk Religiusitas peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Kediri. Religiusitas peserta didik dapat diketahui sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dengan adanya kegiatan-kegiatan yang diajarkan dan diwajibkan oleh sekolah dan guru untuk membentuk siswa yang religius. Kegiatan tersebut meliputi tadarus Al-Quran setiap pagi, tadarus ini sudah sangat lama dilakukan oleh pihak sekolah dengan tujuan memperkokoh keimanan siswa dengan selalu membaca kitab Allah, melakukan sholat dhuha dan dzuhur secara berjamaan hal ini dilakukan untuk pembiasaan melakukan sholat secara berjama‟ah di luar lingkungan madrasah, infak setiap jumat, hal ini dilakukan agar siswa menjadi pribadi yang dermawan, saling membantu, dan menjauhkan dari sifat-sifat yang jelek. Guru juga memiliki metode yang digunakan untuk pembentekukan religiusitas peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Kediri. Metode yang digunakan oleh guru adalah metode nasihat, metode pemberian contoh, dan metode pembelajaran melalui video-video cerita islami.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:43
Last Modified: 27 Jun 2022 01:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4812

Actions (login required)

View Item View Item