Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Modernisasi Sistem Pendidikan Islam

Rifva'i, Imam (2021) Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Modernisasi Sistem Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122517_prabab.pdf

Download (870kB)
[img] Text
932122517_bab1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
932122517_bab2.pdf

Download (285kB)
[img] Text
932122517_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
932122517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
932122517_bab5.pdf

Download (86kB)
[img] Text
932122517_daftarpustaka.pdf

Download (175kB)
[img] Text
932122517_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Imam Rifva‟i, Dosen Pembimbing Dr Kadi, M.Pd.I dan Eka Sulistyawati,M.Pd, Pemikiran KH. Ahmad Dahlan tentang Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Modernisasi Sistem Pendidikan Islam Indonesia, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pemikiran KH Ahmad Dahlan, Modernisasi sistem Pendidikan Islam Penelitian ini membahas tentang Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan dan Modernisasi sistem Pendidikan Islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara berpikir masyarakat modern saat ini yang masih mementingkan kecerdasan dalam bidang pendidikan umum dan menyingkirkan peran pendidikan Islam. Penelitian ini menganalisis pemikiran KH. Ahmad Dahlan yang telah mendesain konsep pendidikan Islam secara utuh dan sempurna tanpa memisahkan pendidikan Pesantren dengan pendidikan Islam Berbasis Modern. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) Bagaiman Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahamd Dahlan. 2) Bagaimana Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Tentang Modernisasi sistem Pendidikan Islam 3) Bagimana Relevansi Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Tentang Modernisasi Sistem Pendidikan Islam. Pada penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kepustakaan dengan teknik analisis datanya menggunakan content analisys dengan memfokuskan kepada pemikiran tokoh (Research Thinking of Character). Data tersebut diperoleh dari sumber data primer berupa Buku karya KH Ahmad Dahlan yang didukung dengan beberapa sumber data sekunder yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) KH. Ahmad Dahlan pendidikan Islam haruslah berprogres lebih maju, sehingga pendidikan Islam mampu untuk mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan arus perkembangan zaman. 2) modenisasi yang ditawarkan oleh KH. Ahmad Dahlan merupakan progres untuk memajukan sistem pendidikan Islam untuk lebih mengarah pada sikap elastis terhadap perkembangan zaman, sehingga tidak monoton atau terkesan kolot. 3) relevnsi pemikiran KH, Ahmad Dahlan selaras dengan perkembangan sistem pendidikan Islam karena lebih terstruktur, menarik dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:35
Last Modified: 27 Jun 2022 01:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4809

Actions (login required)

View Item View Item