Analisis Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Media Whatsapp Group Di MTsN 3 Kediri

Mahfudloh, Nila Aimmatul (2021) Analisis Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Media Whatsapp Group Di MTsN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109817_prabab.pdf

Download (578kB)
[img] Text
932109817_bab1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
932109817_bab2.pdf

Download (496kB)
[img] Text
932109817_bab3.pdf

Download (372kB)
[img] Text
932109817_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
932109817_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
932109817_bab6.pdf

Download (129kB)
[img] Text
932109817_daftarpustaka.pdf

Download (342kB)

Abstract

ABSTRAK NILA AIMMATUL MAHFUDLOH, Dosen Pembimbing Dr. NOER HIDAYAH, M.Si dan CHOIRUL ANNISA, M.Pd : Analisis Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Media Whatsaap Group Di Mtsn 3 Kediri Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Daring, Whatsapp Implementasi adalah pelaksanaan atau penerapan yang artinya segala sesuatu yang dilaksanakan dan diterapkan, sesuai dengan kurikulum yang telah dirancang atau didesain untuk kemusian dijalankan sepenuhnya sesuai dengan peraturan yang telah diterapkan. Pembelajaran daring atau yang biasa disebut dengan pembelajaran online (online learning. Whatsapp yaitu salah satu aplikasi messenger salah satu aplikasi yang mudah untuk diakses oleh masyarakat yang luas. Sementara itu di MTsN 3 Kediri seadang menerapkan analisis implementasi pembelajaran daring menggunakan media whatsaap group untuk pendidik dan peserta didik. Fokus penelitian adalah : 1). Bagaimana proses penerapan pembelajaran daring menggunakan media whatsaap group di MTsN 3 Kediri? 2). Apa saja faktor penghambat dan pendukung yang dialami saat pembelajaran daring menggunakan media whatsaap group di MTsN 3 Kediri?, 3) apa dampak dari pembelajaran daring menggunakan media whatsaap group di MTsN 3 kediri?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran daring menggunakan media whatsaap group di MTsN 3 Kediri, 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung yang di alami saat pembelajaran daring menggunakan media whatsaap group di MTsN 3 Kediri, 3) Untuk mengetahui dampak dari pembelajaran daring menggunakan media whatsaap group di MTsN 3 kediri Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan observasi partisipan, wawancara dan analisis dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Pengecekan keabsahan data menggunakan tehnik : trianggulasi, ketekunan pengamatan dan perpanjangan keikutsertaan peneliti. Untuk tahap penelitian ada 4 tahap yaitu : tahap pra lapangan, tahap pekerja lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Proses Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Whatsaapp Group di MTsN 3 Kediri : a) Di terapkan di MTsN 3 Kediri sejak adanya covid 19, b) Guru wali kelas sebagai penanggung jawab dari masing masing whatsapp group untuk semua mata pelajaran, c) Media pembelajaran melalui whatsaap group, video youtube,, e-learning, an google classroom, d) Guru bebas memilih media pembelajaran apa yang akan digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. 2.Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Media Whatsaap Group di MTsN 3 Kediri yaitu :a) Faktor Penghambat, b.Faktor Pendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:14
Last Modified: 17 Jun 2022 03:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4726

Actions (login required)

View Item View Item