Implementasi Metode Tajdid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMP Muhammadiyah 4 Gurah

Nashiruddin A.R, Okta Mohammad Amin (2021) Implementasi Metode Tajdid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMP Muhammadiyah 4 Gurah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106514_prabab.pdf

Download (447kB)
[img] Text
932106514_bab1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
932106514_bab2.pdf

Download (553kB)
[img] Text
932106514_bab3.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932106514_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
932106514_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
932106514_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932106514_daftarpustaka.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK OKTA MOHAMMAD AMIN NASHIRUDDIN ABDUL ROHMAN, Dosen Pembimbing Drs. IMAM TAULABI, M.Pd.I. dan Dr. FARTIKA IFRIQIA, M.Pd.: Implementasi Metode Tajdid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMP Muhammadiyah 4 Gurah, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Implementasi, Metode Tajdid, Membaca Al-Qur’an Teknologi di zaman modern saat ini semakin berkembang dan maju, terdapat banyak alat-alat elektronik yang muncul dengan kualitas baik seperti handphone (gadget). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode tajdid dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 4 Gurah. Dengan Fokus penelitian 1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP Muhammadiyah 4 Gurah? 2) Bagaimana bentuk rangkaian metode tajdid dalam membaca Al-Qur’an siswa SMP Muhammadiyah 4 Gurah? 3) Bagaimana penerapan metode tajdid dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa SMP Muhammadiyah 4 Gurah? 4) Bagaimana kemampuan membaca Al-Quran siswa SMP Muhammadiyah 4 Gurah setelah di terapkan metode tajdid? Populasi penelitian ini adalah 41 siswa yang terdiri dari 13 siswa kelas 7, 21 siswa keals 8, dan 7 siswa kelas 9. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis data situs tunggal dan lintas situs dengan teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan (1) Kriteria derajat kepercayaan yairu, perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, kecukupan referensial, kajian kasus negatif, pengecekan anggota. (2) Kriteria keteralihan. (3) Kriteria kebergantungan. (4) Kriteria kepastian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka didapatkan bahwa implementasi metode Tajdid dalam kemampuan membaca Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 4 Gurah yaitu : 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an sebelum diterapkannya metode tajdid dirasa kurang. 2) Rangkaian kegiatan pelaksanaan metode tajdid ini dilaksanakan setiap hari mulai dari puku 07.00-08.30. 3) Penerapan metode tajdid dilaksanakan secara menyeluruh mulai dari kelas 7 - kelas 9. 4) Kemampuan membaca Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 4 Gurah setelah di terapkan metode tajdid ter bilang cukup baik dengan prosentase siswa yang mencapai tingkat sangat lancar ada 31%, siswa yang mencapai tingkat lancar sekitar 48% dan 21% siswa yang mencapai tingkat kurang lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:25
Last Modified: 15 Jun 2022 04:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4700

Actions (login required)

View Item View Item