Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Kota Kediri

Ristanti, Nindita Lia (2021) Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106817_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106817_bab1.pdf

Download (615kB)
[img] Text
932106817_bab2.pdf

Download (622kB)
[img] Text
932106817_bab3.pdf

Download (405kB)
[img] Text
932106817_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
932106817_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
932106817_bab6.pdf

Download (379kB)
[img] Text
932106817_daftarpustaka.pdf

Download (380kB)
[img] Text
932106817_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK NINDITA LIA RISTANTI, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I: Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an (BTA) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Kota Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Evaluasi, Program Pembelajaran BTA Penelitian ini didasari karena banyak siswa sekarang ini yang tidak terlalu mementingkan agama terutama dalam hal mengaji. Kebanyakan dari mereka masih belum bisa membaca dan menulis Al-Qur‟an. Maka dari itu, peneliti mengambil lokasi penelitian di SMPN 7 Kota Kediri karena satu-satunya sekolah umum di Kota Kediri yang mewajibkan siswanya untuk mengikuti program pembelajaran BTA. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program pembelajaran BTA di SMPN 7 Kota Kediri ditinjau dari model evaluasi CIPP: (1) Context yaitu latar belakang, tujuan, legalitas program serta kesiapan sekolah. (2) Input, sasaran program, sarana prasarana, buku panduan, dan kompetensi guru. (3) Process, pelaksanaan program, metode dan evaluasi. (4) Product, dampak atau hasil dari suatu tujuan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatifkuantitatif (mix methods) dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah guru pembina BTA, guru koordinator BTA, guru pengajar BTA dan siswa SMPN 7 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) aspek context, latar belakang program pembelajaran BTA di SMPN 7 Kota Kediri karena kebanyakan siswa dari lulusan SD dan dari keluarga yang nonagamis sehingga banyak yang belum bisa membaca dan menulis Al-Qur‟an. Tujuan dari program pembelajaran BTA agar semua siswa dapat membaca dan menulis Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Akan tetapi tidak ada legalitas program pembelajaran BTA. Kesiapan sekolah dalam pelaksanaan program pembelajaran BTA ini terbukti dengan tersedianya sarana dan prasarana yang ada. 2) aspek input, sasaran program pembelajaran BTA adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII. Dari segi sarana dan prasarana yang disediakan sudah menunjang pelaksanaan program pembelajaran BTA. Buku panduan BTA sudah tersedia dan kompetensi guru pengajar lulusan dari Pondok Pesantren Lirboyo dan alumni IAIN Kediri. 3) aspek process, pelaksanaannya meliputi pembukaan, kegiatan inti dan penutup. Metode yang digunakan adalah tanya jawab. Sedangkan evaluasi pembelajaran diadakan tes dan pemberian tugas. 4) aspek product, hasil dari program pembelajaran BTA siswa kelas VII-B diperoleh nilai dengan rata-rata 79,12 sehingga kategori penilaiannya masih dalam tahap cukup. Sehingga belum sesuai target yang diinginkan oleh SMPN 7 Kota Kediri yaitu dengan nilai rata-rata 80 sehingga dapat dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Maharat al-Kitabah (Writing Skill)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:30
Last Modified: 15 Jun 2022 04:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4697

Actions (login required)

View Item View Item