Pengembangan Media E-Learning Berbasis Virtual Dan Management System Sebagai Upaya Integrasi Distance Learning Dan Subject Centered Design Pada Materi Quran Hadist Kelas XI Keagamaan Di MAN 3 Kediri

Alamsyah, Fendrias (2021) Pengembangan Media E-Learning Berbasis Virtual Dan Management System Sebagai Upaya Integrasi Distance Learning Dan Subject Centered Design Pada Materi Quran Hadist Kelas XI Keagamaan Di MAN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103017_prabab.pdf

Download (293kB)
[img] Text
932103017_bab1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
932103017_bab2.pdf

Download (232kB)
[img] Text
932103017_bab3.pdf

Download (367kB)
[img] Text
932103017_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
932103017_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932103017_babb6.pdf

Download (76kB)
[img] Text
932103017_daftarpustaka.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932103017_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK FENDRIAS ALAMSYAH, Dosen Pembimbing Dr. H. ALI ANWAR, M.Ag dan M. LUQMAN HAKIM,M.Pd, Pengembangan Media E-learning Berbasis Virtual dan Management System Sebagai Upaya Integrasi Distance Learning dan Subject Centered Design Pada Materi Quran Hadist Kelas XI Keagamaan Di MAN 3 Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Virtual, Learning Management System, Distance Learning, Subject Centered Design Dominasi belajar siswa diakomodasi oleh dua fakor, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal dalam sebuah pendidikan meliputi tenaga pengajar, kurikulum, model pembelajaran, media pembelajaran, strategi pembelajaran, silabus dan rpp. Untuk faktor eksternal terdiri dari teman, keluarga, dan lingkungan. Di era globalisasi teknologi digital bertransformasi menjadi era society yang berimbas pada proses belajar siswa berbasis virtual (video conference) dan basis file manager (Learning Management system). Mobilitas yang tinggi pada era society menimbulkan dampak dan masalah bagi dunia pendidikan di Indonesia. Lembaga yang belum siap melaksanakan tuntutan society berimplikasi pada ketidakstabilan proses belajar mengajar. Dengan mengacu teori kecenderungan pendidikan Daniel Bell yang salah satu nya adalah distance learning, maka pengajuan penelitian ini bertujuan membentuk fragmen pendidikan di era socity dengan merekonstruksi pembelajaran distance learning yang diintegrasikan dengan desain kurikulum “Learner Centered Design” dan diasosiasikan dengan media pembelajaran berbasis virtual dan Learning Management System. Desain penelitian ini menggunakan RnD (Research and Development) Borg and Gall. Uji data menggunakan eksperimental berbentuk Before-After. Sumber data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 15 responden di MAN 3 Kediri, berkaitan dengan media pembelajaran basis virtual dan management system. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran e-learning yang berbasis virtual dan management system secara layak untuk digunakan siswa ketika belajar. Selain kelayakan, juga penelitian ini mengintegrasikan model pembelajaran jarak jauh (distance learning) dan desain kurikulum subject centered sebagai kompleksitas kelayakan penggunaan media elearning dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:40
Last Modified: 14 Jun 2022 07:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4684

Actions (login required)

View Item View Item