Implementasi Strategi Pemasaran Sun-Tzu di Bank Syaria'ah Indonesia (BSI) Cabang Kediri Perspektif Pemasaran Syari'ah

Sumadi, Mohammad Anis (2021) Implementasi Strategi Pemasaran Sun-Tzu di Bank Syaria'ah Indonesia (BSI) Cabang Kediri Perspektif Pemasaran Syari'ah. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92500819015_PRA BAB.pdf

Download (811kB)
[img] Text
92500819015_BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
92500819015_BAB 2.pdf

Download (510kB)
[img] Text
92500819015_BAB 3.pdf

Download (183kB)
[img] Text
92500819015_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
92500819015_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
92500819015_BAB 6.pdf

Download (210kB)
[img] Text
92500819015_DAFTAR_ PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
92500819015_suratpernyataan.pdf

Download (412kB)

Abstract

ABSTRAK MOHAMMAD ANIS SUMADI, 2021, Strategi Pemasaran Sun-Tzu Dalam Pemikiran Muhammad Syakir Sula dan Hermawan Kartajaya (Studi Kasus di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Kediri), Ekonomi Syariah, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. H. Imam Annas, M. HI 2. Dr. Hj. Nurul Hanani, M. HI,. Kata Kunci: Strategi Pemasaran Sun-Tzu, Muhammad Syakir Sula, Hermawan Kartajaya, Bank Syariah Indonesia (BSI). Ketika berbicara mengenai Strategi Pemasaran Sun-Tzu (SPS) sangat erat hubungannya dengan dunia kemiliteran karena Sun-Tzu adalah seorang Panglima Jenderal Militer di China dan ahli strategi. Strategi merupakan salah satu cara atau siasat untuk mencapai suatu tujuan dengan mudah, elegan dan rapi. Artinya Strategi Pemasaran Sun-Tzu (SPS) yang diterapkan di kemiliteran bukan hanya digunakan di kawasan militer saja, tapi bisa digunakan dalam konteks politik, bisnis dan pemasaran (marketing). Peneliti akan mempertegas kembali mengenai seni perang (pemasaran) Sun-Tzu berdasarkan data dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bahwa ajaran Sun-Tzu tidak hanya dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran di akademi militer, tetapi juga dipergunakan di berbagai bidang mulai dari ekonomi, politik, corporate strategy, human resource, finance, bahkan sampai digunakan sebagai cara untuk mendidik anak. Fokus penelitian tesis ini adalah bagaimana Strategi Pemasaran Sun-Tzu (SPS) dalam pemikiran Muhammad Syakir Sula dan Hermawan Kartajaya, serta implementasinya di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi kasus serta tiga metode pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari Funding and Transaction Relationship Manager di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Kediri sebagai data primer. Data primer adalah dengan cara purposive sampling (melibatkan beberapa karyawan/i untuk dimintai keterangan). Sedangkan data sekunder ialah menggunakan semua bahan bacaan, baik buku, jurnal, artikel dan sejenisnya. Peneliti menggunakan teknik deskriptif dengan membuat pemaparan data yang realistis, praktis dan modern. Analisis penelitian ini menggunakan tiga jalur yakni: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion). Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Implementasi Strategi Pemasaran Sun-Tzu (SPS) di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Kediri secara karakteiristik adalah sama, hanya ada perbedaan istilah. 2) Dalam pemikiran Muhammad Syakir Sula Strategi Pemasaran Sun-Tzu (SPS) disebut “spiritual marketing”. 3) Dalam pemikiran Hermawan Kartajaya Strategi Pemasaran Sun-Tzu (SPS) disebut “Sustainable Marketing Enterprise” atau secara sederhana (SME).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mohammad Anis Sumadi
Date Deposited: 09 Jun 2022 08:16
Last Modified: 09 Jun 2022 08:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4632

Actions (login required)

View Item View Item