Analisis Pembelian Tiket Melalui KAI Access pada Pengguna Kereta Api Lokal-Dhoho Ditinjau dari Perilaku Konsumen Islami (Studi Kasus di Stasiun Besar Kediri)

Yunita, Vinta (2021) Analisis Pembelian Tiket Melalui KAI Access pada Pengguna Kereta Api Lokal-Dhoho Ditinjau dari Perilaku Konsumen Islami (Studi Kasus di Stasiun Besar Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931317916_prabab.pdf

Download (476kB)
[img] Text
931317916_bab1.pdf

Download (207kB)
[img] Text
931317916_bab2.pdf

Download (195kB)
[img] Text
931317916_bab3.pdf

Download (75kB)
[img] Text
931317916_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
931317916_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
931317916_bab6.pdf

Download (122kB)
[img] Text
931317916_daftarpustaka.pdf

Download (179kB)
[img] Text
931317916_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK VINTA YUNITA, Dosen Pembimbing: Achmad Munif, SE., MM. dan Ririn Tri Puspita Ningrum, M.S.I, Analisis Pembelian Tiket Melalui KAI Access pada Pengguna Kereta Api Lokal-Dhoho Ditinjau dari Perilaku Konsumen Islami (Studi Kasus di Stasiun Besar Kediri), Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2021. Kata Kunci: KAI Access, Perilaku Konsumen Islami Persaingan dunia bisnis di dalam perusahaan kini kian ketat, maka dari itu perusahaan yang ingin berkembang berusaha menciptakan terobosan inovasi terbaru untuk dapat memuaskan dan memenuhi kebutuhan konsumen terkait suatu produk dan jasa yang telah ditawarkannya. Kini, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) khususnya Stasiun Besar Kediri menerapkan aplikasi KAI Access sebagai layanan jasa pembelian tiket pada pengguna kereta api Lokal-Dhoho, yang bertujuan memberikan berbagai manfaat dan kemudahan untuk menarik para pengguna dalam menentukan keputusan pembelian tiket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pembelian tiket melalui KAI Access pada pengguna kereta api Lokal-Dhoho ditinjau dari perilaku konsumen Islami. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Stasiun Besar Kediri sudah berhasil menarik konsumen dengan menggunakan layanan online yaitu aplikasi KAI Access untuk melakukan pembelian tiket kereta api Lokal-Dhoho yaitu dengan jadi beli tiket melalui aplikasi KAI Access. Dalam penelitian ini, sudah sesuai perilaku konsumen Islami dalam mengkonsumsi jasa yaitu menganut prinsip keadilan, prinsip kebersihan, prinsip kesederhanaan, prinsip kemurahan hati, dan prinsip moralitas. Dimana kelima prinsip ini, konsumen dalam mengkonsumsi barang atau jasa semata-mata untuk mencari ridha Allah SWT. Penelitian ini sudah sesuai dengan ajaran Islam yang tertuang dalam surat An-Nisa’ ayat 29 yang dijelaskan bahwa pembelian barang maupun jasa harus atas dasar suka sama suka, dimana pengguna kereta api Lokal-Dhoho ini sudah merasakan tingkat kepuasannya terhadap layanan prima berbasis online yang diberikan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Stasiun Besar Kediri kepada konsumen dalam pembelian tiket melalui KAI Access sebagai kebutuhan alat transportasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1507 Transportation and Freight Services > 150702 Rail Transportation and Freight Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 May 2022 02:31
Last Modified: 27 May 2022 02:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4498

Actions (login required)

View Item View Item