Internalisasi Nilai Religius Pada Peserta Didik Melalui Habituasi Di Bimbingan Belajar Al-Jamhar Desa Gambyok Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri

Nazulla, Tiyas Intan (2021) Internalisasi Nilai Religius Pada Peserta Didik Melalui Habituasi Di Bimbingan Belajar Al-Jamhar Desa Gambyok Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932141216_prabab.pdf

Download (760kB)
[img] Text
932141216_bab1.pdf

Download (517kB)
[img] Text
932141216_bab2.pdf

Download (555kB)
[img] Text
932141216_bab3.pdf

Download (348kB)
[img] Text
932141216_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
932141216_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
932141216_bab6.pdf

Download (124kB)
[img] Text
932141216_daftarpustaka.pdf

Download (127kB)
[img] Text
932141216_suratpernyataan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah perilaku dan moral peserta didik yang mengalami dekandensi. Peran pendidikan berbasis religi diharapkan mampu meminimalisir masalah ini. Namun pada pendidikan formal pengajaran tentang nilai agama memiliki porsi waktu yang sedikit. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk meneliti di bimbingan belajar al-Jamhar yang menerapkan nilai religius dalam pengajarannya. Oleh sebab itu, penelitian dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana praktik internalisasi nilai religius melalui habituasi di bimbingan belajar Al-Jamhar? (2) Bagaimana hasil dari upaya yang di lakukan untuk menginternalisasikan nilai religius melalui habituasi di bimbingan belajar Al-Jamhar?. Untuk mengetahui jawabannya peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dari observasi dan data skunder dari kegiatan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Praktik internalisasi nilai religius peserta didik di bimbingan belajar Al-Jamhar dilaksanakan dengan mengupayakan metode habituasi/pembiasaan. Praktik pembiasaannya yaitu dengan mengucapkan salam sesampai di kelas, menerapkan budaya 5S (Sopan, Santun, Senyum, Salam, Sapa), membaca do’a sebelum dan sesudah pembelajaran, berbahasa yang baik dan santun pada siapapun. (2) Hasil dari upaya yang dilakukan bimbingan belajar al-Jamhar di cerminkan dengan perilaku peserta didik. Diantaranya sikap saling maaf memaafkan, jujur, tanggung jawab, menghargai perbedaan, menghormati orang yang lebih tua, menyukai kebersihan dan keindahan dengan membuang sampah pada tempatnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan serta motivasi bagi masyarakat maupun pembina bimbingan belajar bahwasannya lembaga bimbingan belajar dapat dijadikan inovasi serta jembatan untuk menerapkan dalam menanamkan jiwa religius pada peserta didik. Tentunya melalui tenaga pendidik yang ahli pada bidangnya, sesuai dengan tuntutan masyarakat, serta strategi yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education (Pendidikan Etnis)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tiyas Intan Nazulla
Date Deposited: 19 May 2022 06:31
Last Modified: 19 May 2022 06:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4410

Actions (login required)

View Item View Item