Evaluasi Program Adiwiyata Di SMP Negeri 1 Mojo Menggunakan Model CSE-UCLA

Israfil, Israfil (2022) Evaluasi Program Adiwiyata Di SMP Negeri 1 Mojo Menggunakan Model CSE-UCLA. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400518006_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
92400518006_bab1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
92400518006_bab2.pdf

Download (278kB)
[img] Text
92400518006_bab3.pdf

Download (126kB)
[img] Text
92400518006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
92400518006_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
92400518006_bab6.pdf

Download (60kB)
[img] Text
92400518006_daftarpustaka.pdf

Download (69kB)
[img] Text
92400518006_suratpernyataan.pdf

Download (389kB)

Abstract

ABSTRAK ISRAFIL. Dosen Pembimbing: Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag.. Evaluasi Program Adiwiyata di SMP Negeri 1 Mojo Kabupaten Kediri Menggunakan Model CSE-UCLA, Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Evaluasi program adiwiyata, model CSE-UCLA. Program adiwiyata yang diaplikasikan di beberapa sekolah bertujuan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Terkait sekolah adiwiyata, peneliti tertarik untuk mengangkat tema adiwiyata yang ada di SMP Negeri 1 Mojo kabupaten Kediri karena, pertama, tahun 2014 program adiwiyata di dirintis, tahun 2016 berprestasi pada tingkat kabupaten, tahun 2017 pada tingkat provinsi dan tahun 2018 ke tingkat nasional, tahun 2019 mandiri. Kedua, sampai sejauh ini belum ada peneliti yang mengangkat tema evaluasi program adiwiyata model CSE-UCLA di SMP Negeri 1 Mojo Kediri. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana keefektifan program adiwiyata dilihat dari analisis kebutuhan, tujuan, indikator pelaksanaan program, dan tahapan-tahapannya? (2) Bagaimana keefektifan program Adiwiyata dilihat dari kompetensi guru dan siswa, ketersediaan sarana prasarana, pelaksanaan kurikulum, dan tahapan-tahapannya? (3) Bagaimana pelaksanaan kegiatan program adiwiyata dengan menggunakan model CSE-UCLA dan tahapan�tahapannya? (4) Bagaimana hasil pelaksanaan program adiwiyata terkait sikap dan perilaku warga sekolah terhadap kepedulian lingkungan dengan menggunakan model CSE-UCLA, serta tahapan-tahapannya di SMP Negeri 1 Mojo? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga, atau gejala�gejala tertentu. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Keefektifan program Adiwiyata dilihat dari analisis kebutuhan, tujuan dan indikator pelaksanaan program di SMP Negeri 1 Mojo: (a) Program adiwiyata dilaksanakan berdasar rekomendasi BLH Kabupaten Kediri. (b) Tujuan program adiwiyata telah tercapai. (c) Indikator pelaksanaan program adiwiyata belum terlaksana. (2) Keefektifan program adiwiyata dilihat dari kompetensi guru dan siswa, ketersediaan sarana prasarana serta pelaksanaan kurikulum: (a) Guru mendukung pelaksanaan program adiwiyata. (b) Siswa mendukung pelaksanaan program adiwiyata. (c) Sarana prasarana cukup lengkap. (d) Kurikulum lingkungan belum terintegrasi. (3) Pelaksanaan kegiatan program adiwiyata menggunakan model CSE-UCLA di SMP Negeri 1 Mojo: (a) Pembelajaran program adiwiyata kurang efektif. (b) Kegiatan lingkungan yang dilaksanakan di antaranya Jum’at bersih, piket kelas, perawatan tanaman, dan lain-lain. (4) Program adiwiyata yang telah berjalan selama kurang lebih 5 tahun, warga sekolah baik guru, siswa dan karyawan mendapatkan dampak positif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Israfil Israfil
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:05
Last Modified: 11 Apr 2022 04:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item View Item