Efektifitas Metode Reciprocal Teaching terhadap peningkatan penguasaan Qawa’id siswa MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang

Yuniati, Anggun (2019) Efektifitas Metode Reciprocal Teaching terhadap peningkatan penguasaan Qawa’id siswa MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932501215 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932501215 1,2,3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932501215 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932501215 6,dp.pdf

Download (524kB)

Abstract

Untuk mempelajari kaidah bahasa Arab maka dibutuhkan metode yang sesuai. salah satu metode yang bisa digunakan adalah matode reciprocal teaching, dan metode ini jarang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. metode reciprocal teaching merupakan metode yang menerapkan 4 strategi pembelajaran, yaitu merangkum, menyusun pertanyaan, mengklarifikasi dan memprediksi. Dari latar belakang masalah tersebut diperoleh rumusan masalah Bagaimana penerapan metode reciprocal teaching dan sejauh mana keefektifan metode reciprocal teaching untuk meningkatkan penguasaan qawa’id bahasa Arab siswa MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas tahun ajaran 2. 8\2. 7 sebanyak .. siswa dan sampel sebanyak .9 siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan untuk menguji keabsahan instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya untuk uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, dan untuk analisis data peneliti menggunakan uji hipotesis (independent sample T-Test). Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji T maka diperoleh nilai Thitung sebesar 953.7 dan nilai sig.(2-tailed)nya .5.. . karena db nya .. maka T hitung nya 5693 dengan taraf signifikansi .5. Maka dapat disimpulkan bahwa Thitung>Ttabel (953.7> 5693) dan sig (2-tailed) <.5.. itu artinya metode reciprocal teaching efektif dalam meningkatkan penguasaan qawa’id siswa. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan kesimpulan bahwa metode reciprocal teaching efektif dalam meningkatkan penguasaan qawaid bahasa Arab siswa MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:26
Last Modified: 15 Mar 2022 02:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3830

Actions (login required)

View Item View Item