Implementasi Integrasi Kurikulum Sekolah Dan Pesantren (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Bilingual Jombang)

Kohar, Mochamad As'ad Wakhidul (2021) Implementasi Integrasi Kurikulum Sekolah Dan Pesantren (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Bilingual Jombang). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101619016_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101619016_bab1.pdf

Download (718kB)
[img] Text
92101619016_bab2.pdf

Download (725kB)
[img] Text
92101619016_bab3.pdf

Download (461kB)
[img] Text
92101619016_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
92101619016_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
92101619016_bab6.pdf

Download (425kB)
[img] Text
92101619016_daftarpustaka.pdf

Download (440kB)
[img] Text
92101619016_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitin dengan objek integrasi kurikulum sekolah dan pesantren ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan sekolah formal untuk mencetak peserta didik yang beriman, bertakwa, dan berilmu pengetahuan. Disisi lain pendidikan di Indonesia menghadapi empat tantangan berupa globalisasi moral, etika dan budaya, krisis moral dan etika, eskalasi konflik dan stigma keterpurukan bangsa. Solusi dari masalah ini adalah menyelenggarakan pendidikan dengan model sekolah terintegrasi dengan pesantren. Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Bilingual Jombang merupakan sekolah yang mengintegrasikan kurikulum sekolah dan kurikulum pesantren. Kurikulum sekolah dan kurikulum pesantren diintegrasikan dalam satu lembaga untuk mewujudkan insan yang beriman, bertakwa, dan berilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi integrasi kurikulum sekolah dan pesantren yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi dalam pengimplementasian integrasi kurikulum sekolah dan pesantren di Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Bilingual Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Bilingual Jombang. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Perencanaan kurikulum integratif sekolah dan pesantren di Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Jombang dilakukan dengan cara: a). Mengintegrasikan tujuan kurikulum, yaitu penyamaan visi pengembangan pengetahuan umum, agama, keterampilan, dan akhlakul karimah, dan b). Mengintegrasikan pengorganisasian isi kurikulum dengan penyandingan materi agama Islam dan materi-materi umum lainnya, 2). Pelaksanaan kurikulum integratif sekolah dan pesantren di Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Jombang dilakukan dengan cara: a). Mengintegrasikan progam pelaksanaan kurikulum, yaitu menyatukan penggunaan kalender pendidikan dan rencana kegiatan akademik antara sekolah dan pesantren, dan b). Mengintegrasikan supervisi pelaksanaan kurikulum dengan kerjasama antara kepala sekolah dan pengurus pesantren dalam melakukan supervisi pembelajaran, 3). Evaluasi kurikulum integratif sekolah dan pesantren di Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Jombang dilakukan dengan cara: a). Melakukan evaluasi konteks kurikulum yang bersama, yang meliputi: perkembangan sosial-budaya, perkembangan IPTEK, perkembangan dunia kerja, dan budaya pergaulan remaja, b). Melakukan evaluasi input bersama, yang meliputi: kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, kesiapan peserta didik, dan ketersediaan media/sarana belajar, c). Melakukan evaluasi proses bersama, yang meliputi: evaluasi insidentil dan evaluasi mingguan, dan d). Melakukan evaluasi produk bersama, yang meliputi: evaluasi tengah tahun dan evaluasi akhir tahun, 4). Faktor-faktor pendukung meliputi lingkungan belajar dan sistem pendidikan yang terpadu dan terintegrasi dengan pondok pesantren yang memiliki progam Tahfidz Al-Qur’an sebagai salah satu progam unggulan. Adapun faktor penghambat yang menjadi kendala adalah: a). Kelemahan beberapa guru atau pendidik dalam hal kompetensi agama Islam khusunya bagi guru yang tidak berasal dari pesantren, b). Rasa bosan atau jenuh yang terkadang dialami oleh siswa yang selalu berada di lingkungan yang sama, c). Banyaknya progam pendidikan dengan waktu kegiatan yang sangat padat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:06
Last Modified: 04 Mar 2022 03:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item