Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) di Tengah Pandemi Coronavirus Disease 2019 Berbasis Blended Learning pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Ngasem Kabupaten Kediri

Munir, Misbakhul (2020) Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) di Tengah Pandemi Coronavirus Disease 2019 Berbasis Blended Learning pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Ngasem Kabupaten Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101418019_prabab.pdf

Download (267kB)
[img] Text
92101418019_bab1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
92101418019_bab2.pdf

Download (273kB)
[img] Text
92101418019_bab3.pdf

Download (174kB)
[img] Text
92101418019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
92101418019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
92101418019_bab6.pdf

Download (45kB)
[img] Text
92101418019_daftarpustaka.pdf

Download (174kB)
[img] Text
92101418019_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena implementasi pembelajaran daring di tengah pandemi coronavirus disease 2019 menggunakan strategi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran PAI di dalam proses pembelajarannya. Perkembangan pendidikan dan teknologi telah membawa perubahan yang sangat cepat. Perkembangan-perkembangan tersebut bila direntetkan tak luput dari dampak merembetnya perkembangan industri era 1.0 sampai 4.0, maka dari itulah usaha mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia perlu terus-menerus dilakukan secara terstruktur, efektif dan efisien dalam keseluruhan proses pengembangannya. Menjadi guru yang melek teknologi merupakan sebuah keniscayaan. Hal ini terkait dengan peran guru sebagai guru masa depan dan juga kemampuan dan penguasaan peserta didik terhadap teknologi yang sudah sedemikian maju. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran daring (full online) di tengah pandemi coronavirus disease 2019 berbasis blended learning pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Ngasem Kabupaten Kediri, implementasi pembelajaran daring (full online) di tengah pandemi coronavirus disease 2019 berbasis blended learning pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Ngasem Kabupaten Kediri dan evaluasi pembelajaran daring (full online) di tengah pandemi coronavirus disease 2019 berbasis blended learning pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Ngasem Kabupaten Kediri. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pendekatan fenomenologi. Selain itu, dalam penelitian ini, penulis menggunakan tiga instrumen data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran daring berbasisblended learning pada mata pelajaran PAI yaitu membuat RPP, menyiapkan pelajaran, menentukan media atau aplikasi sebagai penunjang pembelajaran daring dan lain sebagainya, 2) Implementasi pembelajaran daring berbasis blended learning di sekolah, semua peserta didik dapat belajar dengan memanfaatkan fasilitas yang dimilikinya seperti halnya smarphone, laptop, kouta dan jaringan wifi bila ada, 3) Dalam evaluasi Peserta didik diberi tugas, baik tugas individu ataupun tugas kelompok yang kemudian dipresentasikan kepada gurunya dengan menggunakan video call Wahtsapp group dengan waktu dan durasi waktu yang sudah ditentukan, selanjutnya guru memberikan pertanyaan dan umpan balik setelah hasil presentasi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:12
Last Modified: 04 Mar 2022 02:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3674

Actions (login required)

View Item View Item