فعالية طريقة الإستجابة الجسدية الكاملة Total Physical Response في مهارة الإستماع للفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية السادسة عانجوك

Husna, Munawarotul (2019) فعالية طريقة الإستجابة الجسدية الكاملة Total Physical Response في مهارة الإستماع للفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية السادسة عانجوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932503315 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932503315 1,2,3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932503315 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text
932503315 6,dp.pdf

Download (735kB)

Abstract

Efektivitas metode Total Physical Response dalam keterampilan menyimak pada kelas VIII di MTsN 6 Nganjuk : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode total physical response dalam keterampilan menyimak pada kelas VIII di MTsN 6 Nganjuk. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test control group design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu metode total physical response sebagai variabel bebas dan pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 6 Nganjuk. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol yang berjumalah 29 siswa. Jumlah sampel keseluruhan ada 60 siswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes keterampilan menyimak. Validitas instrument pada penelitian ini terdiri atas validitas isi yang telah dikonsultasikan dengan ahlinya (expert-judgement), yaitu dosen pembimbing dan guru mata pelajaran bahasa Arab MTsN 6 Nganjuk. Reliabilitas dihitung dengan rumus r_11, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,984. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 4,312 lebih besar dari ttabel 2,002 dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot kefektifannya adalah 13,26%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 83,87 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 74,31. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode total physical response efektif dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:35
Last Modified: 24 Feb 2022 03:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3588

Actions (login required)

View Item View Item