Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis RME Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segitiga Dan Segiempat Siswa Kelas Vii Smp

Janah, Mitakul (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis RME Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segitiga Dan Segiempat Siswa Kelas Vii Smp. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932304517_prabab.pdf

Download (934kB)
[img] Text
932304517_bab1.pdf

Download (357kB)
[img] Text
932304517_bab2.pdf

Download (698kB)
[img] Text
932304517_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
932304517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932304517_bab5.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932304517_daftarpustaka.pdf

Download (297kB)
[img] Text
932304517_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran matematika sangat diperlukan karena dapat digunakan untuk menarik perhatian siswa. Selain dapat menarik perhatian siswa, media pembelajaran juga dapat memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan. Terlebih lagi jika media pembelajaran tersebut dapat dikaitkan dengan pengalaman nyata siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan media pembalajaran interaktif berbasis RME dalam proses pembelajaran matematika diharapkan dapat meningkan pemahaman konsep siswa pada materi segiempat dan segitiga siswa di SMPN 1 Gurah kelas VII. Secara faktual pemahaman konsep siswa pada materi segiempat dan segitiga masih rendah karena kebanyakan siswa kurang minat belajar matematika dan keterbatasan media yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis RME dalam pembelajaran mateamatika terhadap pemahaman konsep siswa di SMPN 1 Gurah kelas VII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengambangan (RnD) dengan sampel penelitian adalah kelas VII F yang berjumlah 36 siswa di SMP 1 Gurah. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Adapun desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test and post-test. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif antara sebelum dan sesudah diberikan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata aspek tampilan media 4,03 dan rata-rata aspek relevansi materi sebesar 4,27. Sedangkan aspek relevansi soal meperoleh rata-rata 3,85 dengan kategori valid dan layang digunakan. Adapun efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis RME terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat efektif dengan rata-rata skor hasil pre-test dan post-test adalah 54,92 dan 84,58 yang berarti bahwa terdapat pengaruh dalam menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis RME untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa materi segiempat dan segitiga SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:04
Last Modified: 24 Feb 2022 03:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3582

Actions (login required)

View Item View Item