Analisis Kesalahan Kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variable Pada Pembelajaran Daring

Sholikhah, Hidayatus (2021) Analisis Kesalahan Kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variable Pada Pembelajaran Daring. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932304017_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932304017_bab1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
932304017_bab2.pdf

Download (361kB)
[img] Text
932304017_bab3.pdf

Download (119kB)
[img] Text
932304017_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text
932304017_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
932304017_bab6.pdf

Download (96kB)
[img] Text
932304017_daftarpustaka.pdf

Download (181kB)
[img] Text
932304017_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dan faktor penyebab kesalahan siswa kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep SPLDV pada pembelajaran daring. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif berjenis deskriptif. Teknik untuk memperoleh data adalah tes tertulis dan wawancara yang tervalidasi oleh ahli. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian ini: 1) Presentase dan Jenis kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan kesalahan Newman yaitu kesalahan membaca 13.18%, kesalahan memahami 21.36%, kesalahan transformasi 15.91%, kesalahan ketrampilan proses 16.36%, kesalahan penentuan jawaban akhir 33.18%. kesalahan total siswa 68.75%. 2) Kesalahan terbanyak siswa pada tahap penentuan jawaban akhir 33.18%. 3) faktor penyebab kesalahan membaca: tergesa-gesa serta kurang fokus dan teliti dalam membaca, belum terbiasa membaca soal matematika. Kesalahan memahami: tidak mengetahui permasalahan penting dalam soal, tergesa-gesa, menyontek, tidak mengetahui apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal. Kesalahan transformasi: bingung memahami soal, tidak mengetahui cara pengerjaan dan langkah selanjutnya, lupa rumus yang digunakan dan materi SPLDV pada pembelajaran daring, tergesa-gesa dalam pengerjaan. Kesalahan ketrampilan proses: tidak teliti dalam perhitungan, terburu-buru, bingung dengan jawaban yang ditulis, tidak memahami soal, tidak tahu cara pengerjaannya. Kesalahan penentuan jawaban akhir: tidak mampu menjelaskan dan memahami maksud soal, tidak tahu alasan dari jawaban yang dipilih, menyontek, tidak memahami cara pengerjaan, tidak menguasai materi selama pembelajaran daring, soal sulit dikerjakan, tidak menyukai matematika, tidak sungguhsungguh dalam menjawab soal, lupa, kesalahan jawaban sebelumnya, bingung, malas mengerjakan, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:51
Last Modified: 24 Feb 2022 02:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3580

Actions (login required)

View Item View Item