استخدام الطريقة اإلستقرائية ابملقربةة التقرة ية يف تع ّم ع م البالغة لدى طالب قسم تدبيس ال غة العرةية جبرععة كديري اإلسالعية احلكوعية البحث الع مي

Sholikhah, Fitria Mar’atus (2019) استخدام الطريقة اإلستقرائية ابملقربةة التقرة ية يف تع ّم ع م البالغة لدى طالب قسم تدبيس ال غة العرةية جبرععة كديري اإلسالعية احلكوعية البحث الع مي. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932501415 pra,1,2,3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
932501415 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932501415 6,dp.pdf

Download (924kB)
[img] Text
932501415 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan Metode Induktif dengan Pendekatan Kontrastif dalam Pembelajaran Ilmu Balaghoh Mahasiswa PBA IAIN Kediri : Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kesulitan mahasiswa PBA IAIN Kediri dalam memahami ilmu Balaghoh. Hal ini dikarenakan materi ilmu Balaghoh yang banyak dan sulit. Oleh karena itu, dosen berupaya untuk menggunakan metode induktif dan pendekatan kontrastif dalam pembelajaran ilmu Balaghoh agar lebih mudah dipahami oleh mahasiswa. Tujuan penulisan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode induktif dalam pembelajaran ilmu balaghah, untuk mengetahui penggunaan pendekatan kontrastif dalam pembelajaran ilmu balaghah, dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode induktif dengan pendekatan kontrastif dalam pembelajaran ilmu balaghah mahasiswa PBA IAIN Kediri. Penggunaan metode induktif dengan pendekatan kontrastif dalam bidang pendidikan khususnya pembelajaran Bahasa Arab lingkup Ilmu Balaghoh ini merupakan serangkaian upaya agar dapat memahamkan mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek yaitu mahasiswa IAIN Kediri. Hasil penelitian di IAIN Kediri adalah: (1) Dalam proses pembelajaran Balaghoh dosen berperan aktif dalam menyediakan contoh-contoh dan mahasiswa juga aktif dan lebih kritis dalam menganalisis kalimat. (2) Manfaat yang di dapatkan dosen lebih kreatif dan mahasiswa lebih mudah dalam memahami materi Balaghoh. (3) Metode induktif dan pendekatan kontrastif cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran Balaghoh karena memicu semangat dan kreativitas dosen dan mahasiswa serta mempermudah komunikasi antara keduanya karena bahasa yang digunakan dalam pendekatan kontrastif merupakan bahasa keseharian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:42
Last Modified: 15 Feb 2022 02:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3469

Actions (login required)

View Item View Item