Hayeecheloh, Ai-ning (2021) Sistem Pendidikan Agama Islam Di Pattani Thailand Studi Kasus Sekolah Sampanwittaya Di Provinsi Narathiwat Thailand Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932139417_prabab.pdf Download (797kB) |
|
Text
932139417_bab 1.pdf Download (253kB) |
|
Text
932139417_bab 2.pdf Download (256kB) |
|
Text
932139417_bab 3.pdf Download (184kB) |
|
Text
932139417_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text
932139417_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
Text
932139417_bab 6.pdf Download (95kB) |
|
Text
932139417_daftar pustaka.pdf Download (152kB) |
|
Text
932139417_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932139417_suratpernyataan.pdf Download (141kB) |
Abstract
ABSTRAK AI-NING HAYEECHELOH,2021.Sistem Pendidikan Agama Islam di Pattani Thailand Studi Kasus Sekolah Sampanwittaya di Provinsi Narathiwat Thailand Selatan. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Muawanah M.Pd dan (2) Zakiyatus Soimah, M.HI. Kata kunci : Sistem,Pendidikan Agama Islam,Sekolah Sampanwittaya Sistem pendidikan di Thailand terbagi menjadi 2 yaitu : pendidikan formal dan pendidikan non-formal.Untuk sistem pendidikan formal terdiri dari pendidikan dasar dan pendidikan tinggi. Sedangkan sisitem pendidikan nonformal terdiri dari : program sertifikat kejuruan, program shost course sekolah kejuruan. Perumusan masalah adalah sebagai system Pendidikan Agama Islam di Pattani Thailand, bagaimana sistem pendidikan di Sekolah Sampanwittaya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang di Pattani. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yakni reduksi data, display data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Tujuan Pendidikan di Sekolah Sampanwittaya yaitu : tercantum dari pada Visi dan Misi. 2) Kurikum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Sampanwittaya yaitu : landasan yang digunakan pendidik untuk membimbing peserta didiknya dengan berlandasan kepada AlQuran dan Hadist. 3) Metode Pendidikan Agama Islam di Sekolah Sampanwittaya yaitu : di Sekolah Sampanwittaya memilki 3 Metode yakni metode Sorogan (Secara Individual), metode bandungan (Secara Halaqoh) dan metode Weton (secara berkala/berwaktu). 4) Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Sampanwittaya yaitu : Sistem pendidikan yang diterapkan di Thailand pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan yang diterapkan di Indonesia, mulai pendidikan usia dini sampai perguruan tinggi tidak terdapat perbedaan yang mendasar. Sistem pendidikan agama Islam di Sekolah Sampanwittaya : yaitu pelaksanaan pendidikan agama Islam berlandaskan Al-Quran dan Hadist disertai dengan kecintaan terhadap tanah air dan Sang raja. Pengaplikasikan model pendidikan di Sekolah tersebut bercorak semi-sekuler, Yakni proses pembelajaran di Sekolah ini dilaksanakan dua bagian yaitu bidang pendidikan secara terpisah yakni pendidikan agama dan bidang pendidikan Umum. Dalam bidang pendidikan agama,, pihak sekolah menyelenggerakan aktivitas belajar-mengajar menjadi 3 tingkat: pendidikan Islam tingkat pertama (Ibtidaiyah), pendidikan agama Islam tingkat menengah (Mutawassitah), pendidikan agama Islam tingkatatas (Sanawiyah). Pada bidang umum diselenggarakan tingkat M1-M3 (SMP) dan M4M6 (SMA).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ai-Ning Hayeecheloh |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 02:10 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 02:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3383 |
Actions (login required)
View Item |