Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Pare

Virhidaya, Rizky Erwinando (2021) Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117917_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932117917_bab1.pdf

Download (414kB)
[img] Text
932117917_bab2.pdf

Download (695kB)
[img] Text
932117917_bab3.pdf

Download (210kB)
[img] Text
932117917_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
932117917_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
932117917_bab6.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932117917_daftarpustaka.pdf

Download (306kB)
[img] Text
932117917_suratpernyataan.pdf

Download (410kB)

Abstract

Dalam mengantisipasi penyebaran virus covid-19 di lingkungan sekolah, SMPN 1 Pare memilih menggunakan pembelajaran dalam jaringan sebagai pilihan agar peserta didik dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran di masa pandemic covid-19 sesuai dengan Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Pembelajaran daring di SMPN 1 Pare diterapkan dengan memberi kebebasan kepada guru dalam membuat media dan perangkat pembelajaran. Khususnya dalam pengadaan pembelajaran secara daring guru harus dapat kreatif dalam memberikan materi kepada siswa. Guru juga harus dapat mengetahui permasalahan apa saja yang terjadi selama pembelajaran yang dialami oleh siswa sehingga guru dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi pada pembelajaran PAI. Dalam penelitian ini, fokus penelitian yang diambil oleh peneliti adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran daring PAI di SMPN 1 Pare. 2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat selama proses pembelajaran daring PAI di SMPN 1 Pare. 3) Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring PAI di di SMPN 1 Pare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dilanjutkan analisis data dengan menggunakan teori Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI & Siswa dan beberapa data yang diperoleh dari Guru PAI di SMPN 1 Pare. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring di SMPN 1 Pare adalah 1) Guru diberikan kemudahan dan kebebasan dalam menyusun perangkat pembelajaran daring & guru tidak dituntut untuk menghabiskan materi pembelajaran sehingga tidak memberatkan siswa dalam melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Pare. 2) Dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring mata pelajaran PAI di SMPN 1 Pare dilatarbelakangi oleh dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung tersedianya fasilitas HP yang digunakan oleh siswa untuk pembelajaran daring, Terdapat kolaborasi antara guru dan wali murid dalam memantau perkembangan belajar anak didik di rumah. 3) Peran Guru PAI yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 1 Pare diantaranya memberikan motivasi dan semangat kepada siswa, memberikan pelayanan klinik pendidikan untuk siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran daring dengan mengambil tugas ke sekolah atau meminta penjelasan materi yang belum bisa dipahami kepada Guru PAI

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Risky Erwinando Virhidaya
Date Deposited: 09 Feb 2022 05:34
Last Modified: 09 Feb 2022 05:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3382

Actions (login required)

View Item View Item