Cara Cepat Memahami Kitab Kuning Melalui Metode Amtsilati Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Amtsilati Gurah Kediri

LAILI, ULFAH NUR (2017) Cara Cepat Memahami Kitab Kuning Melalui Metode Amtsilati Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Amtsilati Gurah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
i. cover_iv. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
v. BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
vi. BAB II.pdf

Download (314kB)
[img] Text
vii. BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
viii. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
ix. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
x. BAB VI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
xi. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
xii. profil penulis_xvi. lembar persetjuan unggah karya tulis ilmiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)

Abstract

Al-Qur’an dan Hadits adalah adalah dua sumber ajaran Islam yang harus dipegang teguh oleh umat Islam, karena didalamnya terdapat ajaran-ajaran yang harus dilaksanan oleh umat Islam. Sebagian ulama’ terdahulu menjelaskan isi AlQur’an dan Hadits menggunakan pedoman kitab kuning. Untuk mempermudah dalam memahami kitab kuning terdapat berbagai metode salah satunya metode Amtsilati, dimana metode Amtsilati adalah metode yang memperbanyak contohcontoh juga praktek dan sedikit teori, sesuai arti dari Amtsilati yakni contohcontoh dari saya. Penelitian ini adalah beramaksud untuk mengetahui Cara Cepat Memahami Kitab Kuning Melalui Metode Amtsilati di pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Amtsilati Gurah Kediri, dengan fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimana penerapan metode Amtsilati di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’in Amtslati Gurah Kediri, 2) Bagaimana evaluasi yang dilakukan dalam penerapan meode Amtsilati di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’in Amtslati Gurah Kediri, 3) Apa saja kelebihan dan kekuragan dalam penerapan metode Amtsilati di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’in Amtsilati Gurah Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekata kualitatif dengan jenis metode deskriptif, yaitu suatu penelitian yang diupayakan untuk mencandra atau mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat mengenai fakta dan sifat objek tertentu. Kehadiranpeneliti di lapangan dalam penelitian kualitatif adalah suatu yang mutlak, karena peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian sekaligus pengumpul data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara induktif. Keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan kriteria kredibilitas. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah a) Tidak ada ustadh spesialis jilid dalam penerapan metode Amtsilati untuk memahami kitab kuning b) Strategi metode yang digunakan yaitu: Demonstrasi, drill, tanya jawab, takror, praktek secara langsung, materi lengkap dan berkesinambungan, belajar sesuai dengan kesiapan santri, hafalan, wetonan, sorogan atau diskusi kelompok. c) keharusan her bagi santri yang mendapatkan nilai kuranng dari angka 9 d) Adanya kegiatan takroran sebelum dan sesudah pembelajaran dan takroran sore e) Adanya sorogan kitab fathul qorib yang disorogka antar teman, f) Setoran hafalan Qoidati dan Khulashotul Alfiyah setiap hari, g) Lingkungan yang mendukung santri belajar sehingga menumbuhkan semangat santri, h) Bagi santri yang masih menempuh pendidikan di lembaga formal merasa keberatan karena waktu pelaksanaan kegiatan pesantren bersamaan dengan jadwal di pendidikan formal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Apr 2019 01:27
Last Modified: 22 Apr 2019 01:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item