Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Al – Huda Ngadirejo Kediri Tahun Ajaran 2016/2017

Yunannadhyah, Ulfa (2017) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Al – Huda Ngadirejo Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
01Sampul dan lain-lain_11. DAFTAR TABEL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. BAB I EDIT.pdf

Download (257kB)
[img] Text
2. BAB II EDIT.pdf

Download (535kB)
[img] Text
3. BAB III EDIT.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB IV EDIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
5. BAB V EDIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
6. BAB VI EDIT.pdf

Download (122kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP_12. DATA GURU SMK AL - HUDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dampak globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa. Padahal, pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak. Sampai saat ini dunia pendidikan di Indonesia dinilai belum mendorong pembangunan karakter bangsa yang disebabkan oleh runtuhnya pendidikan nasional. Padahal, dalam ajaran Islam pendidikan adalah untuk membina kepribadian dan pembentukan karakter kepada generasi muda sebagai penerus bangsa. Begitu juga dengan SMK Al-Huda Ngadirejo Kediri yang terletak dikawasan padat penduduk, maka banyak pengaruh negatif budaya luar yang masuk pada siswa. Oleh sebab itu, harapan dari penggunaan strategi dan pendekatan pendidikan karakter ini dapat memperoleh hasil output yang maksimal yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa agar memiliki kepribadian yang baik. Penelitian ini dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui langkah- langkah guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter siswa di SMK Al - Huda Ngadirejo Kediri. Dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter siswa di SMK Al - Huda Ngadirejo Kediri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual dan analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) langkah-langkah guru PAI dalam membentuk karakter siswa yaitu dengan membuat perencanaan pembelajaran, memilih dan mengembangkan materi, pemilihan metode pembentukan karakter, dan evaluasi. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa adalah: a) Faktor Pendorong: motivasi dan dukungan orang tua, komitmen bersama oleh civitas sekolah dan fasilitas yang lengkap. b) Faktor Penghambat: latarbelakang keluarga siswa, kurangnya kesadaran siswa dan pergaulan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Apr 2019 01:24
Last Modified: 22 Apr 2019 01:24
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item