Implementasi Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII A di Mts Al-Muttaqin Plemahan Tahun Ajaran 2016/2017

NURFAIDAH, SITI (2017) Implementasi Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII A di Mts Al-Muttaqin Plemahan Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Sampul, Daftar isi dll.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB V dan Penutup.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran_struktur organisasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
scan ttd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode card sort dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih Kelas VII A di Mts Al-Muttaqqin Plemahan. Rumusan masalah peneliti adalah bagaimana penerapan metode card sort dan apakah metode card sort meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran fiqih Kelas VII A di Mts Al-Muttaqin Plemahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode card sort pada mata pelajaran fiqih dan untuk mengetahui metode card sort dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran fiqih Kelas VII A di Mts Al-Muttaqqin Plemahan. Mata pelajaran fiqih merupakan mata pelajaran yang sangat penting, karena mempelajari pokok-pokok hukum secara terperinci dan menyeluruh. Peserta didik diharapkan menumbuhkan ketaatan dalam menjalankan hukum agama dan peserta didik mendapat kesempurnaan dalam beribadah dan mengetahui amalan ibadahibadah, tata cara, aturan-aturan atau ketentuan-ketentuan yang dijelaskan dalam pembelajaran sumber hukum islam Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A Mts Al-Muttaqin Plemahan. Penelitian ini penerapan metode card sort pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama penerapan dengan menggunakan metode card sort dapat dilaksanakan dengan baik terlihat dari keaktifan peserta didik dan meningkatnya prestasi peserta didik yang secara bertahap, kedua menggunakan metode card sort dapat meningkatkan pretasi peserta didik pada mata pelajara fiqih terbuktinya pada pada kondisi awal pra siklus peserta didik yang tuntas 31 dari 37 peserta didik atau 83,72%. Pada siklus I peserta didik yang tuntas 33 dari 37 peserta didik atau 84,83%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas 37 dari 37 peserta didik atau 100%. Dengan demikian tingkat ketuntasan peserta didik sudah lebih baik sehingga tindakan perbaikan setiap siklusnya mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:32
Last Modified: 16 Apr 2019 02:32
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item