Analisis Pola Interaksi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Di SMP N 2 Kunjang

Adawi'ah, Robiatul (2021) Analisis Pola Interaksi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Di SMP N 2 Kunjang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108917_prabab,.pdf

Download (793kB)
[img] Text
932108917_bab1,.pdf

Download (243kB)
[img] Text
932108917_bab2,.pdf

Download (446kB)
[img] Text
932108917_bab3,.pdf

Download (230kB)
[img] Text
932108917_bab4,.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
932108917_bab5,.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
932108917_bab6,.pdf

Download (92kB)
[img] Text
932108917_daftarpustaka,.pdf

Download (294kB)

Abstract

ROBIATUL ADAWI’AH, Pembimbing 1 Dr. IWAN MARWAN, M. Hum. dan pembimbing 2 NURUL DWI LESTARI, M.Pd. Analisis Pola Interaksi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dengan Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kunjang). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Pembelajaran secara daring yang terjadi selama pandemi covid-19 menghambat guru dengan siswa untuk berinteraksi dengan baik. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pola interaksi pembelajaran yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi covid-19 di SMP Negeri 2 Kunjang, 2) Dampak penerapan pola interaksi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi covid-19 di SMP Negeri 2 Kunjang, 3) Faktor pendukug dan penghambat pola interaksi pembelajaran yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi covid-19 di SMP Negeri 2 Kunjang. Ini dikarenakan, timbulnya rasa cemas akan terpapar virus covid-19 serta kejenuhan dalam pembelajaran daring. Namun, interaksi yang minim menjadi penghambat guru untuk membantu menyelesaikan permasalahan ini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan membutuhkan analisis secara mendalam melalui prosedur antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan penggunaan jenis penelitian studi kasus dengan tujuan menelaah secara mendalam suatu objek fenomena yang ada pada objek penelitian dengan harapan peneliti dapat mendapatkan data yang real, lengkap serta aktual sehingga dapat mencapai tujuan sesuai harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi yang dilakukan oleh guru PAI dalam menghadapi pembelajaran pada masa pendemi Covid-19 adalah dengan menggunakan pola interaksi pembelajaran satu arah dan dua arah. Pola interaksi pembelajaran satu arah dilakukan dengan memanfaatkan grup Whatsapp. Pola interaksi dua arah dilakukan dengan menggunakan media yang sama namun cara yang berbeda. Dampak sosial dari pola interaksi ini adalah kurang tanggap dan terbentukanya kerjasama antar teman dengan baik, terjalinnya komunikasi kerjasama yang baik antara guru dengan siswa. Dampak intelektual dari kedua pola interaksi ini adalah siswa dapat memecahkan masalah baik secara indi vidu maupun kelompok. Dampak psikologis dari kedua pola interaksi ini adalah kurangnya rasa percaya diri dari siswa sedikit demi sedikit siswa dapat kembali mendapatka minat belajarnya. Faktor penghambat dari pola interksi yang dilakukan adalah sering terjadi keterlambatan respon. Faktor pendukung pola interaksi ini adalah rasa ingin tahu siswa dalam pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Robiatul Adawi'ah
Date Deposited: 09 Mar 2022 01:52
Last Modified: 09 Mar 2022 01:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3258

Actions (login required)

View Item View Item