Pengelolaan Pasar Tradisional Ditinjau dari Manajemen Syariah (Studi Kasus di Pasar Bandar Ngalim Kota Kediri)

Agnestia, Alifa Putri (2021) Pengelolaan Pasar Tradisional Ditinjau dari Manajemen Syariah (Studi Kasus di Pasar Bandar Ngalim Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931301817_prabab.pdf

Download (759kB)
[img] Text
931301817_bab1.pdf

Download (632kB)
[img] Text
931301817_bab2.pdf

Download (196kB)
[img] Text
931301817_bab3.pdf

Download (474kB)
[img] Text
931301817_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
931301817_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
931301817_bab6.pdf

Download (202kB)
[img] Text
931301817_daftarpustaka.pdf

Download (414kB)
[img] Text
931301817_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
931301817_suratpernyataan.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK ALIFA PUTRI AGNESTIA, Dosen Pembimbing Dr. Ali Samsuri, M.EI dan Amrul Mutaqin, M.EI. PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL DITINJAU DARI MANAJEMEN SYARIAH (Studi Kasus Pada Pasar Bandar Ngalim Kota Kediri), Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Pengelolaan Pasar, Manajemen Syariah Pengelolaan pasar merupakan proses penyelesaian sesuatu terkait dengan pencapaian tujuan yang diinginkan dalam rangka penertiban, pemeliharaan, pengaturan secara sistematika. Oleh sebab itu diperlukannya pengelolaan yang baik dilakukan oleh pihak pasar. Apabila pengelolaan disuatu pasar terkelola dengan baik. Maka akan mewujudkan pasar yang bersih, sehat dan kondusif. Namun pengelolaan pada Pasar Bandar ngalim belum berjalan dengan maksimal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan 1)Bagaimana pengelolaan Pasar Bandar Ngalim Kota Kediri? 2) Bagaimana implementasi konsep pengelolaan Pasar Bandar Ngalim Ditinjau dari Manajemen Syariah ? Penelitian ini merupakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif yang tujuannya mengungkapkan fakta, fenomena, variabel dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di Pasar Bandar Ngalim Kota Kediri. Kehadiran peneliti sebagai observer. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Pengelolaan pada Pasar Bandar Ngalim Kota Kediri ada empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Namun pelaksanaan dilapangan ada yang sudah terlaksana dan ada yang belum terlaksana. Yang sudah terlaksana yaitu petugas pemungut sudah melaksanakan tugasnya menarik retribusi pasar dan kebersihan.Yang belum terlaksana yaitu petugas kebersihan kurang memperhatikan fasilitas toilet yang kurang terawat, saluran air yang tersumbat, kurang memperhatikan area parkir yang memakan bahu jalan dan penataan pasar baru petugas belum dapat menertibkan PKL sehingga pasar masih tidak kondusif. 2) Implementasi konsep pengelolaan Pasar Bandar Ngalim Kota Kediri ditinjau dari Manajemen Syariah. Implementasi dilapangan ada yang sudah terlaksana sesuai syariah dan ada belum terlaksana. Perencanaan yang dibuat sudah direncanakan dengan matang bertujuan agar tidak bertolak belakang dengan manajemen syariah, hal tersebut sesuai manajemen syariah. Namun dalam pelaksanaannya petugas belum melaksanakan dengan benar yaitu kurang memperhatikan fasilitas sarana prasarana pasar, kurang memperhatikan area parkir sehingga memakan bahu jalan. Sedangkan dilihat dari prinsip manajemen syariah, yaitu prinsip menegakkan kebenaran menjauhi kemungkaran belum terlaksana sesuai syariah, PKL masih ada yang berjualan ditepi jalan karena petugas kurang bertindak tegas dalam penertiban. Prinsip menegakkan keadilan belum terlaksana sesuai syariah, dilihat dari keluhan PKL yang tidak merasakan fasilitas pasar tetapi membayar tarif retribusi sama seperti pedagang yang didalam pasar. Namun prinsip menegakkan musyawarah sudah terlaksana sesuai syariah, dilihat dari petugas melakukan sosialisasi kepada beberapa pedagang untuk selalu menjaga fasilitas kebersihan pasar. Hal tersebut sudah menunjukkan adanya prinsip melakukan musyawarah untuk mencapai tujuan bersama.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Alifa Putri Agnestia
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:13
Last Modified: 18 Jan 2022 06:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3179

Actions (login required)

View Item View Item