Implementasi Sistem Pendidikan Madrasah Diniyah di Madrasah Aliyah Mamba`ul Hikam Mantenan Udanawu Blitar

Zahra, Muftiya (2017) Implementasi Sistem Pendidikan Madrasah Diniyah di Madrasah Aliyah Mamba`ul Hikam Mantenan Udanawu Blitar. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
ABSTRAK_PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BIODATA_POTO KEGIATAN.pdf

Download (614kB)
[img] Text
RESUME TESIS - Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)

Abstract

Madrasah diniyah adalah salah satu lembaga pendidikan keagamaan pada jalur luar sekolah yang diharapkan mampu secara terus menerus memberikan pendidikan agama Islam kepada anak didik yang tidak terpenuhi pada jalur sekolah yang diberikan melalui sistem klasikal serta menerapkan jenjang pendidikan. Salah satu madrasah diniyah yang melestarikan warisan ulama-ulama terdahulu yaitu dengan mengkaji kitab kuning adalah Madrasah Aliyah Mamba`ul Hikam Mantenan Udanawu Blitar. Siswa yang belajar di madrasah diniyah ini berasal dari dalam maupun luar pondok pesantren. Fokus penelitian ini membahas tentang tujuan pendidikan madrasah diniyah, keadaan guru dan siswa madrasah diniyah, kurikulum pendidikan madrasah diniyah, proses pembelajaran madrasah diniyah, evaluasi pendidikan madrasah diniyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian penelitian lapangan (field research). Sumber data penelitian menggunakan kata-kata dan tindakan, sumber tertulis. Pengumpulan datanya melalui, metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data bersifat diskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal sebagai kesimpulan yaitu: 1) Tujuan pendidikan madrasah diniyah yang pokok yaitu membentuk generasi yang berakhalakul karimah dengan mempertahankan ajaran ulama-ulama salaf. 2) Untuk mempertahankan jumlah siswa, rekrutmen dilakukan melalui teman, keluarga, dan alumni madrasah diniyah. Untuk menjaga kualitas pengajaran, guru yang diutamakan adalah mempunyai akhlak baik, berpengetahuan, lulusan pondok pesantren, dan dipilih langsung oleh pengasuh atas usulan para ustadz. 3) Kurikulum pendidikan madrasah diniyah di Madrasah Aliyah Mamba`ul Hikam Mantenan Udanawu yang dimaksudkan adalah bidang yang dipelajari meliputi ilmu nahwu, ilmu shorof, ilmu tauhid, ilmu akhlaq, ilmu hadis, fiqih, ilmu tafsir, ilmu balaghah, ilmu tasawuf. 4) Proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Mamba`ul Hikam Mantenan Udanawu Blitar tidak dilakukan di dalam kelas saja, namun juga dilakukan di luar kelas seperti kegiatan PPL, bahtsul masa`il dan tahtiman. Metode pembelajaran yang digunakan ciri khas dari pesantren yaitu bandongan dan sorogan kitab, namun tetap menambahkan metode hafalan, ceramah dan tanya jawab. 5) Penyelenggaraan evaluasi pendidikan di Madrasah Aliyah Mamba`ul Hikam Mantenan Udanawu Blitar terbagi menjadi 3 macam, yaitu sidang terbatas, sidang pleno, sidang paripurna dan sidang evaluasi. Untuk evaluasi siswa, dilakukan ujian tulis pada semester ganjil dan semester genap dengan memenuhi salah satu persyaratan ujian berupa taftisi (koreksi) kitab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Apr 2019 07:16
Last Modified: 11 Apr 2019 07:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item