Pola Asuh Kyai dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan AlQur’an Santri di Pondok Pesantren Tahfidz “Fathul Huda” Ringinanom Udanawu Blitar

ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2017) Pola Asuh Kyai dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan AlQur’an Santri di Pondok Pesantren Tahfidz “Fathul Huda” Ringinanom Udanawu Blitar. Masters thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (934kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (799kB)
[img] Text
daftar gambar_nota konsul 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam proses menghafal Al-Qur'an, motivasi merupakan salah satu aspek dinamis yang sangat penting. Dengan adanya motivasi dalam diri, proses menghafal akan lebih maksimal. Oleh karena itu Kyai sebagai Pengasuh Pondok Pesantren harus mempunyai strategi dalam meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur'an. Supaya santri yang merasa malas, bosan, dan jenuh dalam menghafal Al-Qur'an tidak berhenti ditengah jalan. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana perhatian dan tanggapan kyai terhadap keinginan santri untuk menghafalkan alQur’an, suasana psikologis kyai ketika berada di lingkungan santri, cara dialog kyai dengan para santri, perilaku yang ditampilkan oleh kyai pada saat pertemuan dengan santri, dan kontrol yang dilakukan kyai terhadap perilaku santri di pondok pesantren tahfidz “Fathul Huda” Ringinanom Udanawu Blitar. Dasar penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan analisis deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi, penelitian ini dilakukan dengan memahami fenomena yang terjadi di masyarakat yang berkaitan dengan perilaku maupun tindakan-tindakan yang terjadi di dalam masyarakat yang kemudian menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara terperinci pola asuh kyai dalam meningkatkan motivasi hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidz “Fathul Huda” Ringinanom Udanawu Blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk perhatian kyai adalah dengan melaksanakan program-program yang mendukung usaha santri dalam menghafalkan al-Qur’an. Suasana psikologis kyai ketika berada di lingkungan santri adalah selalu merasa nyaman, senang dan menganggap semua santri seperti anak sendiri. Ketika ada problem pelanggaran maka kyai langsung menyelesaikan problem tersebut dengan bermusyawarah. Cara dialog kyai dengan para santri dengan menggunakan bahasa yang santun, sehingga kyai sangat akrab dengan santri. Perilaku yang ditampilkan oleh kyai pada saat pertemuan dengan santri adalah menjadi figur seorang ayah. Kontrol yang dilakukan kyai terhadap perilaku santri dengan melakukan pengawasan selama 24 jam dan membentuk struktur pengurus pondok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:42
Last Modified: 11 Apr 2019 03:42
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item