Implementasi Pembelajaran Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Sekolah Umum (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kasembon Kabupaten Malang)

Cahyaningsih, Cahyaningsih (2017) Implementasi Pembelajaran Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Sekolah Umum (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kasembon Kabupaten Malang). Masters thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
pra bab.pdf

Download (910kB)
[img] Text
tesis jadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
lampiran tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Salah satu aspek pendidikan agama yang kurang mendapat perhatian adalah pendidikan membaca al-Qur'an. Pada umumnya orang tua lebih menitik beratkan pada pendidikan umum saja, sebagai langkah awal yaitu mengajarkan serta memperkenalkan anak pada pendidikan baca tulis al-Qur’an. Peneliti tertarik untuk meneliti tentang Implementasi Pembelajaran Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Sekolah Umum (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kasembon Kabupaten Malang). Fokus penelitian ini adalah: 1) Apakah materi pembelajaran muatan lokal baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 2 Kasembon Kabupaten Malang, 2) Apakah tujuan pembelajaran muatan lokal baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 2 Kasembon Kabupaten Malang, 3) Apakah metode pembelajaran muatan lokal baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 2 Kasembon Kabupaten Malang, 4) Apakah evaluasi pembelajaran muatan lokal baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 2 Kasembon Kabupaten Malang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus, dan lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Kasembon Kabupaten Malang. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) Materi pembelajaran muatan lokal baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 2 Kasembon Kabupaten Malang yaitu materi membaca, menulis dan penerapan ilmu tajwid. 2) Tujuan pembelajaran muatan lokal baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 2 Kasembon Kabupaten Malang yaitu menghasilkan siswa-siswi yang mampu membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, meningkatkan dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung didalam al-Qur’an, serta bisa menghadapi segala tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam kehidupan masyarakat baik dalam lingkungan lokal, nasional, maupun global. 3) Metode pembelajaran muatan lokal baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 2 Kasembon Kabupaten Malang yaitu: metode ceramah, membaca, menulis, menghafal, tugas, keteladanan, dan kisah. 4) Evaluasi pembelajaran muatan lokal baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 2 Kasembon Kabupaten Malang yaitu: ulangan praktik, ulangan harian, penugasan, mid semester maupun ulangan semester.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:26
Last Modified: 11 Apr 2019 03:26
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item