Implementasi Sistem Pendidikan Mu’adalah di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kencong Kepung Kediri

AFIFAH, BINTI NUR (2017) Implementasi Sistem Pendidikan Mu’adalah di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kencong Kepung Kediri. Masters thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
I. Cover_IV. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
VI. BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
VII. BAB II.pdf

Download (450kB)
[img] Text
VIII. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
XI. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
X. BAB V.pdf

Download (317kB)
[img] Text
XII. DAFTAR Pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
XIII. DAFTAR RIWAYAT HIDUP_XV. Lembah Persetujuan Unggah karya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Program Pesantren Mu’adalah merupakan sebuah langkah riil dari pemerintah dalam memberikan apresiasi atas kinerja pesantren selama ini, dengan memberikan pengakuan (recognation) pada lulusan pesantren dengan ketentuanketentuan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Fokus penelitian ini membahas tentang tujuan sistem pendidikan Mu’adalah, Kurikulum Mu’adalah, Proses Pembelajaran dan Evaluasi sistem pendidikan Mu’adalah. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini akan mendeskripsikan tentang implementasi sistem pendidikan Mu’adalah di Madrasah Aliyah PP. Darussalam Sumbersari yang meliputi tujuan, kurikulum, proses pembelajaran dan evaluasi. Dan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membuat gambaran secara sistematis melalui reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Adapun penelitian deskriptif ini menghasilkan temuan bahwa 1) Tujuan dari sistem pendidikan Mu’adalah adalah untuk mendapatkan ijazah yang diakui oleh pemerintah supaya dapat mempermudah para santri melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. 2) Kurikulum pendidikan salaf di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari terbagi menjadi dua, yakni ma’hadiyah dan madrasiyah. Untuk materi-materi yang madrasiyah meliputi materi-materi yang berbasis pondok Pesantren dan juga dilengkapi dengan materi-materi umum seperti: PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, IPA, dan Matematika. Materi-materi umum yang diberikan kepada siswa hanya sebagai pelengkap saja, karena pada akhirnya ijazah yang dia dapatkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan formal sehingga perlu penambahan materi-materi umum. 3) Proses pembelajaran di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari dilakukan dengan metode yang sangat popular dan menjadi cirri khas kalangan dunia pesantren, yaitu: bandongan/ wetonan dan sorogan, Musyawarah. 4) Penyelenggaraan evaluasi pendidikan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Sumbersari berdasarkan waktunya terbagi menjadi 2 macam ujian yaitu Ujian semester dan ujian akhir Madrasah. Ujian semester merupakam ujian yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali sedangkan Ujian akhir madrasah merupakan ujian akhir sebelum kenaikan kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:21
Last Modified: 11 Apr 2019 03:21
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item