Pendekatan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Budaya Islam ( Studi SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare)

Makhsunah, Eliya (2020) Pendekatan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Budaya Islam ( Studi SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932139615 prabab.pdf

Download (944kB)
[img] Text
932139615 bab1.pdf

Download (156kB)
[img] Text
932139615 bab2.pdf

Download (266kB)
[img] Text
932139615 bab3.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932139615 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
932139615 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
932139615 bab6.pdf

Download (7kB)
[img] Text
932139615 daftar pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text
932139615 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku siswa yang awalnya kurang sesuai dengan nilai-nilai agama, dengan adanya kegiatan penananaman nilai-nilai budaya Islam yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan dalam rangka mendorong pembentukan kepribadian peserta didik sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam.Fokus penelitian: 1) bagaimana bentuk penanaman nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 1 Pare 2) ) bagaimana bentuk penanaman nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 2 Pare 3) Bagaimana guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 1 Pare 4) Bagaimana guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 2 Pare 5) Apa perbedaan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare 6) Apa persamaan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare sebagai berikut (1) Bentuk nilai-nilai budaya Islam yang ditanamkan di SMA Negeri 1 Pare yaitu: doa bersama sebelum pembelajaran, membaca asmaul husna, membaca Al-Quran, sholat, Infaq, PHBI, dan 5S (2) Bentuk nilai-nilai budaya Islam yang di SMA Negeri 2 Pare diterapkan yaitu: doa bersama sebelum pembelajaran, membaca asmaul husna, membaca Al-Quran sholat jumat, Infaq, PHBI, dan budaya 5S (3) guru PAI menanamkan nilai-nilai budaya Islam yang diterapkan di SMA Negeri 1 Pare dengan melakukan beberapa pendekatan antara lain pendekatan pembiasaan, pendekatan keteladana pendekatan pengalaman, pendekatan fungsional, dan pendekatan emosional, (4) guru PAI menanamkan nilai-nilai budaya Islam yang diterapkan di SMA Negeri 2 Pare dengan melalui pendekatan, yaitu: pendekatan pembiasaan, keteladanan, hukuman, pengalaman, fungsional, emosional, (5) Persamaan guru PAI di SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare menanamkan nilai-nilai budaya Islam, sama-sama menggunakan pendekatan pembiasaan dan keteladanan, memeberikan pengalaman, hukuman, fungsional dan emosional, (6) Perbedaan guru PAImenanamkan nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare, penekanan pendekatan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam di dua lemabaga, dalam melakukan melakukan pendekatan hukuman yang dilakukan pada guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Pare itu sangatlah kurang sehingga masih banyak peserta didik yang belum mengaplikasikan nilainilai budaya Islam yang telah ditanamkan kepada mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:00
Last Modified: 13 Jan 2022 04:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3090

Actions (login required)

View Item View Item