Pengembangan Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tapak Suci Muhammadiyah Di SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri

Widodo, Dwi Basuki (2020) Pengembangan Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tapak Suci Muhammadiyah Di SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932128614 prabab.pdf

Download (526kB)
[img] Text
932128614 bab1.pdf

Download (416kB)
[img] Text
932128614 bab2.pdf

Download (328kB)
[img] Text
932128614 bab3.pdf

Download (316kB)
[img] Text
932128614 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932128614 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
932128614 bab6.pdf

Download (182kB)
[img] Text
932128614 daftar pustaka.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932128614 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu usaha pemerintah di dalam meningkatkan kwalitas sumber daya manusia demi tercapainya pembangunan di berbagai bidang, baik di bidang umum maupun Agama. Di SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri sebagian siswa memiliki latar belakang sikap yang belum mandiri dan perilaku yang baik. Pembentukan karakter pada siswa ini sangat diperlukan mengingat keadaan emosional dan mental siswa yang masih labil. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui bentuk pengembangan pendidikan karakter dan mengetahui dampak pengembangan penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakulikuler Tapak Suci di SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan sejak memasuki lapangan, selama dilapangan, dan setelah selesai dilapangan. Sedangkan untuk memperoleh keabsahan temuan menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kegiatan pencak silat tapak suci diantaranya adalah nilai tanggung jawab, jujur, disiplin, percaya diri, kesantunan, ulet, dan religius. Dampak pengembangan penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakulikuler Tapak Suci di SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri yaitu nilai religius dengan mengamalkan rukun islam dan menjauhi kemunkaran. Selain nilai religius, nilai kedisiplinan juga menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, dan ketertiban. Kerja keras dapat diindisikan dengan menunjukkan kesungguhan dalam melakukan tugas, tetap bertahan pada tugas yang diterima walaupun menghadapi kesulitan, dan berusaha mencari pemecahan terhadap permasalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 07 Jan 2022 00:19
Last Modified: 07 Jan 2022 00:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3048

Actions (login required)

View Item View Item