Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allīm Untuk Pembentukan Etika Belajar Siswa Di SMPI As Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk

Fitriani, Nurul (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allīm Untuk Pembentukan Etika Belajar Siswa Di SMPI As Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119916 prabab.pdf

Download (711kB)
[img] Text
932119916 bab1.pdf

Download (604kB)
[img] Text
932119916 bab2.pdf

Download (552kB)
[img] Text
932119916 bab3.pdf

Download (456kB)
[img] Text
932119916 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
932119916 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
932119916 bab6.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932119916 daftar pustaka.pdf

Download (315kB)
[img] Text
932119916 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Belajar Pendidikan pada hakekatnya tidak hanya sekedar mentransfer ilmu saja, namun aspek lain juga perlu dikembangkan sehingga guru dapat menerapkan pembelajaran terkait akhlak didalamnya untuk membentuk etika belajar siswa. Berkenaan dengan pembentukan etika belajar siswa, SMPI As Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk merupakan salah satu lembaga formal berbasis pesantren yang relevan untuk membina etika belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allīm adalah salah satu upaya dalam membina etika belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kegiatan awal dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allīm untuk pembentukan etika belajar siswa di SMPI As Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk, (2) mendeskripsikan kegiatan inti dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Al- Muta’allīm untuk pembentukan etika belajar siswa di SMPI As Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk, (3) mendeskripsikan kegiatan akhir dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allīm untuk pembentukan etika belajar siswa di SMPI As Syafi’ah Mojosari Loceret Nganjuk. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu uraiannya berdasarkan pada kejadian yang nyata. Agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka proses analisa data dilakukan melalui tiga langkah yaitu, pertama reduksi data untuk menggolongkan data yang telah diperoleh dari lapangan guna mempermudah peneliti dan data yang diperoleh valid, kedua penyajian data guna mengumpulkan data secara tersusun dengan memberi kemungkinan adanya kesimpulan dan tindakan, ketiga penyimpulan guna menari kesimpulan yang memberikan analisis data puncak. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, kegiatan awal dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allīm dilaksanakan dengan beberapa rangkaian kegiatan yang meliputi pembiasaan shalawat,salam, berdoa, tawasul dan memberi motivasi untuk pembentukan etika belajar siswa. Kedua kegiatan inti dalam pelaksanaan pembelajaran Ta’lim Al-Muta’allīm dilaksankaan dengan menggunakan metode bandongan, sorogan dan keteladanan serta media yang digunakan berupa papan tulis, boardmarker, pulpen, kitab dan bahan ajar kitab Ta’lim Al-Muta’allīm untuk pembentukan etika belajar siswa. Ketiga kegiatan akhir dalam pelaksanaan pembelajaran Ta’lim Al-Muta’allīm dilaksanakan dengan rangkaian kegiatan yang meliputi kesimpulan materi, berdoa dan salam untuk pembentukan etika belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:45
Last Modified: 30 Dec 2021 02:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3008

Actions (login required)

View Item View Item