Implementasi Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN 9 Kediri

Pradipta, Galang Muda (2020) Implementasi Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN 9 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118916 prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932118916 bab1.pdf

Download (633kB)
[img] Text
932118916 bab2.pdf

Download (725kB)
[img] Text
932118916 bab3.pdf

Download (726kB)
[img] Text
932118916 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932118916 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
932118916 bab6.pdf

Download (463kB)
[img] Text
932118916 daftar pustaka.pdf

Download (481kB)
[img] Text
932118916 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Metode pembelajaaran merupakan suatu alat yang digunakan oleh guru dalam memberikan materi pada siswa. Implementasi metode resitasi merupakan usaha guru dalam memberikan variasi dalam proses belajar agar tidak terkesan monooton serta dengan tujuan mengatasi masalah dalam pembelajaran fiqih dan meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh dasar ini, penelitian ini dilakukan guna mengetahui Implementasi Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN 9 Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana merencanakan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran fiqih di MTsN 9 Kediri? 2. Bagaimana melaksanakan metode resitasi siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 9 Kediri? 3. Bagaimana evaluasi metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran fiqih di MTsN 9 Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan deskriptif data dengan sistematis. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dan pengecekan keanggotaan. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu: pertama, mengetahui perencanaan yang disiapkan guru ketika hendak menerapkan metode resitasi meliputi penyiapan materi yang akan digunakan untuk pembuatan tugas, menyesuaikan materi dengan RPP, menyesuaikan kondisi siswa dan memastikan tugas memiliki tujuan yang jelas. Kedua, pelaksanaan metode resitasi yaitu: mempertimbangkan apakah tugas itu akan dikerjakan secara individu maupun kelompok, mempertimbangkan kemampuan siswa, dapat dimengerti maksud dan tujuannya oleh siswa, selalu mengecek apakah siswa benar-benar mengerti apa yang sedang atau telah dikerjakan, membantu jika belum jelas dan memperjelas yang harus diselesaikan, tidak membebani siswa. Yang dilakukan siswa, mendiskusikan tugas dengan pendidik, menerima tugas yang telah dibicarakan bersama pendidik, menyusun rencana penyelesaian tugas, mencari sumber-sumber data, mengolah data, baik yang sifatnya tugas individu maupun tugas kelompok, menyerahkan tugas yang telah selesai dikerjakan. Yang terakhir, mengetahui bagaimana evaluasi metode resitasi yaitu melalui laporan (menunjukkan hasil penugasan) siswa baik lisan ataupun tertulis dari apa yang dikerjakan, Adanya tanya jawab kelas, penilaian hasil pekerjaan siswa baik dengan tes maupun non tes. Pada penelitian ini diketahui bahwa penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VII di MTsN 9 Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:10
Last Modified: 27 Dec 2021 02:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2999

Actions (login required)

View Item View Item